Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinjaman dari China untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru Dipakai Akhir April

Kompas.com - 21/03/2018, 14:45 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menyebutkan pihaknya akan mulai menggunakan dana pinjaman dari China untuk pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dalam proyek ini, pemerintah Indonesia melalui konsorsium BUMN bekerja sama dengan konsorsium China yang dipimpin oleh China Railway International Co., Ltd.

"Sebelum akhir bulan April ini pembangunan akan sangat cepat, sehingga pendanaan mungkin sudah harus kami tarik dari China Development Bank (CDB)," kata Rini di tengah kunjungannya ke lokasi proyek kereta cepat di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018) siang.

Rini menjelaskan, proyek kereta cepat tidak dibiayai sama sekali dari anggaran negara, namun dari modal yang disetor konsorsium BUMN Indonesia dan China ditambah dana pinjaman dari CDB.

Baca juga : Menteri BUMN: Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Bulan Depan

 

Total pembiayaan proyek tersebut mencapai 5,9 miliar dolar AS, di mana 25 persennya berasal dari modal konsorsium Indonesia dan China, dan 75 persen selebihnya dari pinjaman.

Pihaknya tidak akan terburu-buru mengajukan dana pinjaman dari luar negeri karena ada konsekuensi bunga yang harus ditanggung pemerintah.

Sehingga, untuk saat ini dana dari modal konsorsium yang akan dimaksimalkan terlebih dahulu, sembari menunggu timeline pengerjaan proyek dalam skala besar yang memang membutuhkan dana lebih.

"Pinjaman baru ambil mungkin akhir April. Kami ingin jaga itu, kalau belum butuh jangan tarik dulu. Jangan sampai bayar bunga," tutur Rini.

Baca juga : Menteri Rini Minta Doa ke Warga Bandung untuk Proyek Kereta Cepat

Pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan digencarkan mulai April mendatang. Rini menargetkan, proyek ini bisa rampung hingga tahap commissioning atau uji coba operasional tahun 2020.

Kompas TV Dana pinjaman proyek kereta cepat Jakarta-Bandung untuk tahap awal diperkirakan cair bulan depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com