Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Open Source ke Kampus untuk Genjot Tenaga Ahli TI

Kompas.com - 22/03/2018, 20:17 WIB
Andi Hartik,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - PT Equnix Business Solutions, perusahaan penyedia layanan teknologi informasi berbasis open source menggelar kampanye edukasi di beberapa kampus di Malang. Tujuannya untuk membangun wawasan mengenai software open source.

CEO PT Equnix Business Solutions  Julyanto Sutandang mengatakan, software open source memiliki peranan penting dalam bisnis teknologi informasi. Melalui open source, pengguna tidak perlu membeli lisensi. Sebab, sofware open source bisa digunakan tanpa bayar.

"Maka kita akan mengurangi impor lisensi yang mahal," katanya, Kamis (22/3/2017).

Ke depan, pihaknya mendorong supaya banyak akademisi yang bersedia melakukan riset dan pengembangan software open source. Sebab menurut dia, kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi informasi di Indonesia akan tinggi dengan banyaknya usaha rintisan atau startup teknologi e-commerce.

Baca juga: BCA Beri Kuliah Umum Perkembangan Teknologi Informasi Era Digital di Unpad

Apalagi, tenaga ahli teknologi informasi di Indonesia masih belum memenuhi dari yang dibutuhkan.

"Terjadi kesenjangan karena tingginya kebutuhan tenaga ahli TI tersebut tidak dapat seluruhnya dipenuhi sehingga banyak perusahaan teknologi yang merekrut tenaga ahli dari luar negeri," katanya.

Karenanya, melalui kampanye tersebut, mahasiswa bisa memahami tentang keunggulan software open source dan bisa mendalami technopreneor melalui pemahamannya.

Ada berbagai kampus yang dituju. Salah satunya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Merdeka Malang dan Universitas Ma Chung Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com