Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonaktifan Kartu ATM BRI untuk Nasabah yang Terindikasi Terkena "Skimming"

Kompas.com - 24/03/2018, 19:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Amir Sodikin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menonaktifkan kartu debit nasabah untuk alasan keamanan transaksi. Informasi terkait penonaktifan kartu tersebut dikirim BRI kepada nasabah melalui pesan singkat (SMS).

Direktur Digital Banking & Information Technology BRI Indra Utoyo menjelaskan, SMS tersebut tidak dikirim kepada seluruh nasabah BRI. Hanya nasabah yang terindikasi terkena kejahatan skimming yang menerima SMS tersebut.

"(Penonaktifkan kartu) dimaksudkan sebagai tindakan preventif atas kartu-kartu yang pernan digunakan bertransaksi di lokasi ATM yang diindikasikan terkena skimming," kata Indra kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Sabtu (24/3/2018).

Baca juga : Nasabah BRI Mulai Terima SMS, Kartu ATM Tak Bisa Digunakan

Beberapa waktu lalu marak terjadi kejahatan skimming. Data dan dana nasabah yang tersimpan di dalam kartu berpita magnetik dicuri dengan menggunakan perangkat skimmer yang dipasang di mesin ATM.

Indra menjelaskan, penonaktifan kartu juga dimaksudkan sebagai upaya percepatan migrasi kartu dari teknologi pita magnetik ke teknologi cip. Teknologi cip diyakini dapat mengurangi risiko skimming.

Adapun Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto menjelaskan, sebagai upaya preventif BRI untuk mengamankan dana nasabah dan proses penggantian kartu bagi kartu nasabah yang diduga terindikasi skimming, BRI memohon kesediaan para nasabah yang telah menerima pesan singkat untuk segera ke kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan penggantian kartu.

Baca juga : Sejumlah Upaya BRI Halau Kejahatan Skimming ATM

Proses penggantian kartu dilakukan tanpa dikenakan biaya apapun. Bambang menjelaskan, notifikasi pemberitahuan terus dilakukan melalui SMS blast, layar ATM BRI serta akun media sosial BRI.

"Sosialisasi juga dilakukan melalui pegawai BRI yang telah secara aktif memberitahukan kepada para nasabah sejak 2 hari yang lalu," jelas Bambang.

Pada akhir pekan ini, unit kerja BRI tetap buka untuk melayani kebutuhan penggantian kartu nasabah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com