Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Sejumlah Ide Pembiayaan Perumahan dari Hackathon BTN

Kompas.com - 25/03/2018, 18:03 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) menggelar BTN Mortgtech Hackathon yang mengkompetisikan ide-ide di bisnis pembiayaan perumahan. Dari total 225 ide aplikasi yang didaftarkan, terpilih tiga besar yang keluar sebagai pemenang.

"Juara pertama diraih tim Celengan Property yang mengembangkan aplikasi berjudul Celengan Properti, dengan memanfaatkan teknologi blockchain untuk pembiayaan properti atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah)," kata Direktur BTN Budi Satria melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (25/3/2018).

Budi menyebutkan,  juara ke dua jatuh kepada tim Wakanda dengan aplikasi bernama Hommy yang menggunakan credit scoring berbasis big data untuk pembiayaan perumahan. Sementara tim Radya PlayGround selaku peraih juara ke tiga membuat aplikasi Tania CRM yang menggunakan chat bot untuk meningkatkan pelayanan KPR.

Panitia penyelenggara Hackathon turut menobatkan enam tim terbaik yang berhasil masuk babak terakhir kompetisi ini. Mereka adalah tim Celengan Property yang menyajikan aplikasi untuk membantu calon investor memiliki properti secara rombongan sekaligus memberi prediksi kenaikan harga properti.

Baca juga: BTN Gelar Hackathon, Lomba Inovasi Teknologi Pembiayaan Perumahan

Kemudian ada tim Tobat yang membuat aplikasi Bijitanah untuk menyaring properti dengan nilai investasi yang menarik dan bernilai tinggi serta mengintegrasikannya dengan aplikasi KPR. Selanjutnya tim Misya dengan aplikasi untuk kustomisasi rumah atau renovasi dan terhubung dengan KPR.

Tim lainnya adalah Samiaji Adisasmito dengan aplikasi Jojo KPR yang bisa memberi analisis kelayakan hipotek dengan media sosial disertai dengan kemudahan cicilan bulanan memakai virtual account. Juga ada tim Radya PlayGround dan tim Wakanda seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

"Ide-ide aplikasi yang ada ini akan terus dieksplorasi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan KPR yang cepat dan mudah," tutur Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com