Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bantah Harga Pertalite Naik demi Tutupi Potensi Kerugian

Kompas.com - 26/03/2018, 08:08 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito membantah kenaikan harga Pertalite dilakukan demi menutup potensi kerugian yang didapat Pertamina akibat menanggung selisih harga solar subsidi dan premium.

Dia menegaskan kenaikan harga tersebut didasari adanya kenaikan harga minyak dunia. "Iya, karena harga minyak dunia," kata Adiatma, Minggu (25/3/2018).

Menurut dia, perhitungan BBM penugasan seperti premium ataupun BM tertentu seperti solar subsidi berbeda dengan perhitungan BBM umum seperti pertamax series dan pertalite. "Menghitungnya tidak menyilang begitu," ujarnya.

Sayang, Adiatma tidak mau merinci perhitungan tersebut. Pastinya hingga Januari-Februari 2018, Pertamina telah mengakui adanya potensi kerugian sebesar Rp 3,9 triliun akibat menanggung selish harga solar subsidi, premium di Jawa Madura Bali (Jamali) dan premium penugasan luar Jamali. Hingga akhir tahun, Pertamina memproyeksi ada potensi kerugian sebesar Rp 24 triliun.

Baca juga: Setelah Pertamax, Pertamina Naikkan Harga Pertalite

Seperti diberitakan, setelah bulan lalu menaikkan harga pertamax series, pada Sabtu (24/3/2018) Pertamina menaikan harga pertalite dan solar non-subsidi.

Untuk wilayah DKI Jakarta, harga solar non subsidi pada 24 Maret 2018 naik Rp 200/liter menjadi Rp 7.700/liter. Harga solar non subsidi sebelumnya sebesar Rp 7.500/liter.

Harga Pertalite juga naik Rp 200/liter menjadi Rp 7.800/liter. Sebelumnya harga Pertalite hanya Rp 7.600/liter.

Sejak Januari 2018, Pertamina telah menaikan harga pertalite sebanyak dua kali. Pada 13 Januari 2018, harga pertalite hanya Rp 7.500/liter. Kemudian pada 20 Januari 2018, Pertamina menaikan harga pertalite sebesar RP 100/liter menjadi Rp 7.600/liter. (Febrina Ratna Iskana)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pertamina bantah kenaikan harga pertalite demi tutupi potensi kerugian

Kompas TV Pihak Pertamina menjelaskan kurangnya kuota Premium di pasaran karena pergeseran pola konsumsi masyarakat dari sebelumnya Premium beralih ke Pertalite

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com