Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Senjata Api Tertua di AS Ajukan Pailit

Kompas.com - 26/03/2018, 18:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

Sumber CNN Money

NEW YORK, KOMPAS.com - Remington Outdoor Brands, salah satu pabrikan senjata api tertua di AS mengajukan dokumen kepailitan. Sejak mengajukan dokumen tersebut, Remington tetap dapat menjalankan bisnisnya sambil merestrukturisasi utangnya yang menggunung.

Dikutip dari CNN Money, Senin (26/3/2018), Remington berencana menurunkan utang sebesar 700 juta dollar AS melalui pengajuan dokumen Chapter 11, dokumen kepailitan korporasi AS. Pengajuan dokumen ini pun akan berkontribusi sebesar 145 juta dollar AS kepada anak-anak usaha Remington.

Meskipun mengajukan pailit, Remington berencana tetap memproduksi senjata api. Dalam pernyataan resminya, ketika Remington pertama kali mengumumkan rencana pengajuan pailit pada Februari 2018 lalu, operasional perusahaan tidak terganggu dengan proses restrukturisasi.

Baca juga : Tidak Terima Diputus Pailit, Nyonya Meneer Ajukan Kasasi ke MA

Remington adalah salah satu produsen senjata api tertua dan tersohor di dunia, didirikan pada tahun 1816. Berpusat di negara bagian North Carolina, Remington memproduksi beragam jenis senjata api, mulai dari pistol hingga senapan di pabriknya di Ilion, negara bagian New York.

Di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, industri senjata api menderita anjloknya penjualan dan laba.

Perusahaan senjata lainnya, seperti American Outdoor Brands yang memilkki merek Smith & Wesson pada bulan ini mengumumkan merosotnya pendapatan, sementara Sturn Ruger pada Februari 2018 lalu juga mengumkan anjloknya kinerja keuangan dan merumahkan raturan pekerja.

Baca juga : Bangganya Menjajal Senjata Api Buatan Anak Negeri...

Salah satu produk senjata api Remington yang paling terkenal adalah model Bushmaster AR-15. Senapan jenis ini digunakan oleh pelaku penembakan massal di Sandy Hook, Newtown, negara bagian Connecticut pada tahun 2012 lalu.

Akibat tragedi tersebut, Remington dituntut oleh para anggota keluarga korban. Kuasa hukum para keluarga korban menyatakan pailitnya Remington tidak memberikan dampak materiil bagi kliennya.

Kompas TV Presiden perancis mengatakan, semua bukti mengindikasikan bahwa insiden pernyanderaan adalah aksi teror.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com