Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Tiga Calon Deputi Gubernur BI Jalani "Fit and Proper Test"

Kompas.com - 27/03/2018, 05:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga orang calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (27/3/2018) mulai pukul 10.00.

Ketiga calon adalah Dody Budi Waluyo, Wiwiek Sisto Widayat, dan Doddy Zulverdi.

Dody, Wiwiek, dan Doddy akan diseleksi sebagai Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo. Adapun Perry ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Gubernur BI pengganti Agus DW Martowardojo yang berakhir masa tugasnya pada Mei 2018 mendatang.

Ketiga calon tersebut akan menjalani fit and proper test secara berurutan pada hari ini. Adapun pengumuman hasil fit and proper test dan calon yang terpilih sebagai Deputi Gubernur BI dilakukan pada Kamis (29/3/2018) mendatang.

Baca juga: Jokowi Kirim 3 Nama Calon Deputi Gubernur BI ke DPR

Sementara itu, Perry akan menjalani fit and proper test pada Rabu (28/3/2018). Hasilnya pun akan diumumkan keesokan harinya.

Dody Budi Waluyo berkarier di bank sentral sejak tahun 1988. Saat ini, ia menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI.

Sementara itu, Wiwiek Sisto Widayat bekerja di BI sejak tahun 1993. Saat ini, Wiwiek adalah Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat.

Adapun Doddy Zulverdi meniti karier di bank sentral sejak tahun 1993. Jabatan yang diembannya saat ini adalah Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI.

Ketiga calon dikenal memiliki pengalaman dan keahlian yang mumpuni di bidang moneter. Mereka akan menggantikan Perry yang juga dikenal ahli di bidang moneter.

Para calon akan mempresentasikan visi dan misi mereka di hadapan Komisi XI DPR RI. Sebelumnya, pada Senin (26/3/2018), Komisi XI DPR RI telah menggelar rapat tertutup dengan tiga orang pakar, yakni  Rizal Ramli dan A Prasetyantoko guna memperoleh masukan mengenai ketiga calon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com