Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Perang Dagang Mereda, Pasar Saham AS Menguat Kembali

Kompas.com - 27/03/2018, 07:12 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham New York Amerika Serikat (AS) rebound pada perdagangan Senin (26/3/2018) waktu setempat (Selasa WIB). Kenaikan saham-saham di Wall Street ini didorong oleh aksi beli saham yang dianggap sudah murah serta meredanya isu perang dagang AS-China seiring dengan terbukanya peluang negosiasi kedua negara itu.

Pada penutupan pasar, Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 669,40 poin atau 2,84 persen ke posisi 24.202,6. Kemudian indeks S&P 500 menguat 70,29 poin (2,7 persen) menjadi 2.658,55, serta indeks komposit Nasdaq melompat 227.88 poin (3,3 persen) ke level 7.220,54.

Pekan lalu,  saham-saham di Wall Street bertumbangan dipicu kebijakan Presiden AS Donald Trump mengenakan tarif impor terhadap China. Tindakan Trump itu langsung dibalas China dengan China mengajukan daftar 128 barang yang berpotensi untuk dikenakan tarif pula.

Namun kekhawatiran investor mereda setelah ada laporan dari Wall Street Journal, bahwa kedua negara sebenarnya melakukan negosiasi.

Baca juga: Dirut BEI: Sentimen Perang Dagang Amerika Serikat Bikin IHSG Tertekan

"Negosiasi di balik layar merupakan hal yang positif bagi pasar," sebut  Tom Cahill, portfolio strategist Ventura Wealth Management.

Saham-saham yang menopang Wall Street antara lain Apple yang menguat 4,8 persen, Intel 6,3 persen, kemudian Netflix and Adobe Systems yang masing-masing naik 6,5 persen.

Baca juga: Resmi, Trump Serukan Perang Dagang dengan China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com