Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Maskapai Internasional di Soetta Bertahap Dipindahkan ke T3

Kompas.com - 27/03/2018, 12:31 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II secara bertahap memindahkan operasional maskapai internasional yang ada di Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 sepanjang tahun ini.

Dari perkembangan terakhir, ada 10 dari total 33 maskapai internasional yang sudah beroperasi di Terminal 3 hingga akhir Maret 2018 ini.

"Dalam waktu dekat, akan tambah satu maskapai lagi, Malaysia Airlines, yang pindah dari Terminal 2 ke Terminal 3 mulai 9 April 2018 mendatang," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Erwin Revianto, kepada Kompas.com pada Selasa (27/3/2018) siang.

Erwin menjelaskan, perpindahan maskapai internasional akan dilakukan bertahap setiap bulan hingga seluruhnya pindah ke Terminal 3. Target seluruh maskapai internasional pindah ke Terminal 3 maksimal akhir tahun 2018.

Baca juga : AP II Tawarkan Dua Skema Insentif bagi Maskapai

Adapun 10 maskapai yang sudah pindah ke Terminal 3 adalah Garuda Indonesia (internasional), Saudi Arabian Airlines, Vietnam Airlines, Korean Air, Xianmen Airlines, China Airlines, China Southern Airlines, AirAsia International, Tiger Scoot Airlines, dan Citilink (internasional Jakarta-Penang).

Beberapa maskapai yang akan pindah dalam waktu dekat ke Terminal 3 selain Malaysia Airlines di antaranya China Eastern Airlines, Oman Air, KLM Royal Dutch Airlines, Thai Airways, Air China, Turkish Airlines, serta Srilanka Airlines. Mereka dijadwalkan pindah sekitar bulan Mei mendatang.

Perpindahan maskapai internasional untuk sepenuhnya beroperasi di Terminal 3 sejalan dengan rencana besar AP II mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta. Salah satu yang akan segera dikerjakan setelah semua maskapai internasional berada di Terminal 3 adalah revitalisasi Terminal 1 dan 2.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin sebelumnya mengungkapkan, pihaknya akan terlebih dahulu merevitalisasi Terminal 1C dan 2F. Revitalisasi akan mencakup perluasan area terminal dalam rangka peningkatan kapasitas penumpang serta penambahan sarana dan prasarana pendukung di dalamnya.

Kompas TV Angkasa Pura II menaikkan pajak bandara dengan alasan meningkatkan fasilitas dan mutu pelayanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com