Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer Ekonomi: Dampak Grab Caplok Uber bagi Pengemudi

Kompas.com - 28/03/2018, 08:24 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Langkah Grab yang mengakuisisi bisnis Uber di Asia Tenggara berdampak juga hingga ke mitra driver yang ada di Indonesia.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler di kanal ekonomi Kompas.com sepanjang Selasa (28/3/2018). Berita lainnya adalah Twitter yang melarang iklan Bitcoin di jejaring sosial tersebut.

Berikut adalah berita terpopuler sepanjang hari kemarin:

1. Grab Akuisisi Uber, Ini Dampaknya bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi

Hari Senin (26/3/2018) kemarin, perusahaan teknologi penyedia jasa transportasi daring Grab resmi mengakuisisi Uber. Uber sepakat menjual bisnisnya di kawasan Asia Tenggara kepada Grab dalam rangka pembenahan bisnis mereka sekaligus persiapan sebelum melantai di bursa, tahun depan.

2. Twitter Larang Iklan Mata Uang Virtual, Harga Bitcoin Makin Anjlok

Harga mata uang virtual bitcoin anjlok setidaknya 7 persen pada Senin (26/3/2018) waktu setempat. Penyebabnya adalah gelombang ketidakpastian pengaturan selama berpekan-pekan dan pelarangan iklan oleh perusahaan teknologi.

Mengutip CNBC, Selasa (27/3/2018), bitcoin diperdagangkan pada level hampir 7.886 dollar AS atau setara sekitar Rp 108,3 juta. Berdasarkan data Coinbase, posisi ini jauh lebih rendah dibandingkan posisi sehari sebelumnya.

3. Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,3 Persen Tahun Ini

Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 mencapai 5,3 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2017 yang mencapai 5,1 persen dan 5 persen pada tahun 2016.

Hal ini diungkapkan Bank Dunia dalam laporannya yang bertajuk "Indonesia Economic Quarterly" edisi Maret 2018 yang dirilis hari ini, Selasa (27/3/2018). Meski demikian, ada beberapa risiko terhadap proyeksi tersebut.

4. BRI Utamakan Penggantian ATM Nasabah yang Terindikasi Kena Skimming

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia ( BRI) Tbk Suprajarto mengatakan, saat ini pihaknya tengah memprioritaskan penggantian kartu ATM milik nasabah BRI yang terindikasi terkena praktik kejahatan skimming.

Menurutnya, perseroan terus mendorong penggantian kartu yang menggunakan teknologi cip dan bukan lagi pita elektronik guna meningkatkan kemanan data nasabah.

5. AS dan China Diam-diam Negosiasi Tarif Impor

Amerika Serikat (AS) dan China diam-diam mulai bernegosiasi untuk meningkatkan akses AS ke pasar China. Sebagaimana dikutip Kontan.co.id dari Wall Street Journal, Selasa (27/3/2018), negosiasi dilakukan setelah seminggu penuh dengan tensi dan perang urat saraf dari kedua belah pihak atas ancaman Washington untuk menerapkan tarif untuk mengatasi ketidakseimbangan perdagangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com