Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cacing di Produk Makarel, KKP Sebut Sudah Dapat Informasi Sejak Akhir 2017

Kompas.com - 29/03/2018, 22:33 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengaku telah mendapatkan informasi mengenai ikan makarel kaleng dari China mengandung parasit cacing Anisakis Sp mati sejak akhir 2017 lalu.

Kepala Pusat Sertifikasi Mutu, Balai Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Widodo Sumiyanto menyebutkan, surat pemberitahuan itu diberikan melalui Kementrian Luar Negeri RI.

"Pada akhir tahun 2017, KKP mendapat informasi dari Kedutaan Peru melalui Kementerian Luar Negeri yang menyatakan bahwa informasi di Peru ikan dari China mengandung cacing mati," kata Widodo seperti dilansir Tribunnnews.com, Kamis (29/3/2018).

Widodo mengatakan, sejak mendapatkan surat dari Kemenlu itu,  KKP menginisiasikan dan memerintahkan UPT untuk menambahkan uji Anisakis sp. atau parasit cacing.

Baca juga: Daftar 27 Merek Produk Makarel Kalengan yang Positif Terdapat Cacing

Dari hasil temuan KKP, terdapat satu jenis produk olahan ikan makarel dari satu perusahaan China yang mengadung parasit cacing Anisakis sp. mati.  Pada bulan Februari 2018 sebut dia, KKP menyurati perusahaan itu agar memberhentikan impor produk ikan Makarel ke Indonesia.

"Pada bulan Februari kita mendapatkan produk ikan makarel sudah jadi dari China mengandung cacing mati dan bulan Februari kita juga menyurati perusahaan ikan makarel di China agar memberhentikan impor tersebut. Tanggal 15 Februari barang tersebut dikembalikan ke China melalui Surabaya," katanya.

Widodo menambahkan, KKP sebagai kementerian teknis juga telah mengusulkan agar merevisi SNI 4410:2014 dengan menambahkan paramater uji parasit pada ikan beku ke BSSN.

"Sebelum merevisi SNI, sebagai acuan kita akan menambahkan komitmen semua yang masuk yang menjadi perhatian, untuk kita uji parasit pada ikan beku yang masuk," tutur Widodo. (Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ikan Kaleng dari China Mengandung Cacing, KKP Tahu Informasinya Sejak Tahun Lalu

Kompas TV Hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, menemukan 3 produk impor sarden berisi cacing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com