Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Merger Bank Bakal Ramai

Kompas.com - 02/04/2018, 12:51 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun ini, sejumlah bank akan melakukan aksi korporasi merger dan akuisisi. Aksi korporasi ini melibatkan investor asing.

Kepala Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana menyebutkan, beberapa bank yang sudah menyatakan akan menjual saham ke investor telah melakukan audiensi ke OJK.

Salah satunya yakni PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN). Seperti diberitakan, Bank of Tokyo Mitshubishi UFJ Ltd (MUFG) berencana mengakuisisi saham BDMN hingga totalnya sebanyak 73,8 persen.

Menurut Heru, OJK sudah membuka peluang bagi investor asal Jepang itu untuk melakukan aksi korporasi tersebut. Hanya saja, OJK memberi syarat, yakni MUFG terlebih dahulu melakukan merger anak usaha di Indonesia. "Untuk saham (yang dimiliki asing) di atas 40 persen bisa saja, dengan syarat harus merger," ucap Heru, Kamis (29/3/2018).

Baca juga: Proses Akuisisi Saham Bank Danamon oleh MUFG hingga 6 Bulan ke Depan

Proses akuisisi MUFG atas Bank Danamon telah berjalan. Tahap awal, MUFG merogoh dana Rp 15,9 triliun untuk membeli 19,9 persen saham BDMN. Selanjutnya, MUFG membeli lagi 20,1 persen saham BDMN dari Temasek. Dengan begitu, kepemilikan MUFG di Bank Danamon mencapai 40 persen.

MUFG berencana melanjutkan akuisisinya hingga menguasai 73,8 persen saham Bank Danamon.

OJK menyatakan, untuk MUFG dapat menguasai lebih dari 40 persen saham Bank Danamon, harus ada merger antara Bank Danamon dengan entitas MUFG di Indonesia, yakni PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk (BBNP).

Selain MUFG, investor asal Jepang lain, yakni Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), juga mengincar saham mayoritas PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). OJK juga memberi persyaratan yakni  harus ada merger antara BTPN dengan entitas SMBC di Indonesia, yakni PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

"Kelihatannya sudah right track BTPN itu. Mereka melaporkan kepada kami kok setiap saat," sebut Heru.

Baca juga: Bank Sumitomo Mitsui Indonesia dan BTPN Akan Lakukan Merger

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo meyakini, merger tersebut akan rampung tahun ini.

OJK juga menyebut ada beberapa bank lain yang akan melangsungkan aksi korporasi dan melibatkan investor asing.

Sebut saja PT Bank Dinar Indonesia Tbk yang berupaya melakukan merger dengan Bank Oke Indonesia sejak tahun lalu. Bank Oke sebelumnya bernama Bank Andara, dan berganti nama pasca investor asal Korea Selatan yaitu Apro Financial Holding (APRO) mengakuisisi 99 persen  saham Bank Andara.

APRO yang juga memiliki 77,3 persen saham Bank Dinar sudah berniat menggabungkan Bank Oke dengan Bank Dinar sejak tahun lalu. Nantinya bank yang akan menjadi surviving company terkait penggabungan ini adalah Bank Dinar.  (Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Merger bank akan ramai tahun ini


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com