Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Tarif Ojek Online Naik, Tidak Berpengaruh ke Inflasi

Kompas.com - 02/04/2018, 19:13 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menanggapi rencana pemerintah untuk menaikkan tarif transportasi ojek online dalam waktu dekat.

Menurut dia, nantinya andil ojek online ini tehadap komponen transportasi dan inflasi secara umum sangat kecil. Artinya, adanya kenaikan tarif tersebut tidak akan mempengaruhi inflasi.

“Kami tidak memilah khusus untuk ojek online, tapi pengaruhnya terhadap keseluruhan masih kecil sekali," ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Saking kecilnya, menurut dia, andil ojek ataupun taksi online ke inflasi tak sampai 0,01 persen.

Baca juga : Tanggapan Pelanggan Ojek Online terkait Wacana Kenaikan Tarif

"Jadi tidak akan menyebabkan inflasi, karena porsinya masih kecil sekali dibanding total transportasi keseluruhan," katanya.

BPS mencatat, selama Maret 2018, inflasi transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,28 persen dan memiliki andil terhadap inflasi Maret sebesar 0,05 persen.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera memberikan keputusan terkait tarif ojek online. Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi usulan untuk tarif ojek online sebesar Rp 2.000 per kilometer. (Ghina Ghaliya Quddus)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Kenaikan tarif ojek online tak pengaruhi inflasi pada Senin (2/4/2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com