Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan 5G Disiapkan untuk Topang Industri 4.0

Kompas.com - 04/04/2018, 15:25 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyebut kementeriannya sedang berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka penyediaan jaringan 5G untuk menopang sektor industri generasi ke empat atau industri 4.0. Industri 4.0 merupakan perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh maraknya perkembangan teknologi serta internet.

"Industri 4.0 membutuhkan kecepatan data secepat 5G. Kalau datanya pakai yang lemot, itu apa yang terjadi di pabrik dan yang dimonitor akan ada time lag, waktu yang tidak cocok," kata Airlangga dalam gelaran Indonesia Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/4/2018).

Untuk mewujudkan jaringan internet dengan kecepatan 5G, Kementerian Perindustrian berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membahas regulasinya serta menggandeng PT Telkom selaku operator penyedia layanan internet untuk perencanaan teknisnya.

Rencana menerapkan jaringan 5G ini ditargetkan mulai terlaksana saat perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Pelaksanaannya nanti masih bersifat uji coba berupa prototipe kawasan industri dengan jaringan internet 5G.

Airlangga turut menyinggung prediksi tentang maraknya cyber attack ke depan. Sehingga, dari segi infrastruktur digital, industri di Indonesia harus kuat dan memiliki aspek keamanan atau digital security yang mumpuni.

Secara umum, ada lima sektor industri yang disiapkan pemerintah untuk menyongsong industri 4.0. Industri yang dimaksud adalah industri makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik, dan kimia.

Guna mewujudkan industri generasi ke empat, pemerintah turut merancang peta jalan dengan nama Making Indonesia 4.0 yang memuat sejumlah inisiatif untuk diterapkan. Salah satu garis besar dari inisiatif dimaksud adalah mempersiapkan tenaga kerja yang andal serta keterampilan khusus untuk penguasaan teknologi terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com