Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdeteksi Parasit Cacing, 22,45 Juta Produk Ikan Makerel Kaleng Ditarik dari Peredaran

Kompas.com - 06/04/2018, 13:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini ditemukan adanya parasit cacing laut Anisakis pada produk ikan makerel kaleng berbahan baku impor. Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menyatakan, temuan adanya parasit cacing tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan, BPOM bersama pihak-pihak terkait telah menginstruksikan penarikan produk ikan makerel kaleng berbahan baku impor dengan kode produksi tertentu yang terdeteksi mengandung parasit cacing. Penarikan produk ini, kata Penny, direspon cepat oleh pelaku usaha.

"Ada proses penarikan oleh pelaku usaha dalam koordinasi dengan BPOM," kata Penny dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPOM, Jumat (6/4/2018).

Baca juga : BPOM Tegaskan Hanya Produk Ikan Makerel Kaleng yang Terkena Parasit Cacing

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya (Deputi III) BPOM Suratmono menjelaskan, BPOM bersama kementerian dan lembaga terkait telah memberikan batas waktu 1 bulan untuk penarikan produk tersebut. Namun demikian, ia menyatakan proses penarikan produk berlangsung dengan cepat.

"22,452 juta kaleng produk ikan makerel kaleng berbahan baku impor sudah ditarik. Sudah terkendali," jelas Suratmono.

Penny menyatakan, BPOM terus memantau proses penarikan berdasarkan kode produksi terdampak parasit cacing yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Ia mengungkapkan, dipastioan seluruh bets (kode produksi) produk ikan makerel dalam kaleng sudah dalam proses penarikan produk oleh pelaku usaha dan dalam pengawasan BPOM. Ini pun telah diverifikasi dalam audit bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Permasalahan cacing dalam produk ikan makerel sudah dapat dikendalikan. Kami koordinasi dalam penarikan dan sudah secara signifikan ditarik dari peredaran sehingga aman," ungkap Penny.

Baca juga : Temukan Cacing dalam Ikan Kaleng, BPOM Minta Importir Tarik Produknya

Untuk menangani permasalahan ditemukannya parasit cacing tersebut, ada dua upaya yang dilakukan BPOM, yakni penghentian sementara impor produk ikan makerel kaleng. Selain itu, BPOM juga melakukan penarikan produk yang dimaksud.

Kompas TV BPOM sudah merilis 27 merek larang edar karena berpotensi mengandung cacing.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com