Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan "Merchant" dan Pembeli Tokopedia di Medan Signifikan Selama 2017

Kompas.com - 07/04/2018, 17:57 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pihak Tokopedia mencatat lonjakan signifikan jumlah merchant atau penjual dan pembeli yang bertransaksi melalui platform mereka di Medan, Sumatera Utara.

Peningkatan tersebut jadi salah satu alasan kegiatan Makerfest 2018 yang berafiliasi dengan Tokopedia dimulai di Medan sejak awal April 2018.

"Pertumbuhan merchant di Medan mencapai 40 persen sepanjang 2017 dibanding tahun 2016. Pertumbuhan pembeli lebih besar, hampir 150 persen," kata Public Relation Committee Makerfest 2018 Siti Fauziah kepada Kompas.com di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018).

Baca juga: Dukung Kreator Lokal, Tokopedia dan Bekraf Gelar Maker Fest

Fauziah yang juga bagian Tokopedia enggan menyebut angka pasti berapa jumlah merchant dan pembeli di Medan pada 2016 dan 2017.

Dia hanya menekankan pada peningkatan jumlah merchant dan pembeli sebesar itu yang kemudian dilihat sebagai peluang besar kreator muda untuk mengembangkan diri.

Sejumlah produk kreator lokal yang dipamerkan pada ajang Makerfest 2018 di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest mempertemukan serta mengkompetisikan para kreator lokal yang menghasilkan produk seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, pakaian, aksesori, dan sebagainya.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Sejumlah produk kreator lokal yang dipamerkan pada ajang Makerfest 2018 di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest mempertemukan serta mengkompetisikan para kreator lokal yang menghasilkan produk seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, pakaian, aksesori, dan sebagainya.
Menurut Fauziah, sebagian besar produk lokal dari para kreator Medan ada pada kategori home and living. Produk kreatif lain yang banyak dicari adalah aksesori dan yang khas Medan seperti Bolu Meranti.

Baca juga: Tokopedia Gandeng Bareksa Sediakan Reksa Dana Online

"Kalau secara keseluruhan, per Maret 2018, jumlah merchant kami di seluruh Indonesia lebih dari 2,7 juta dan akan terus bertambah," ujarnya. 

Gerakan independen bertajuk Makerfest bersama Tokopedia resmi digelar pada pekan pertama April 2018.

Suasana ajang Makerfest 2018 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest merupakan ajang bagi para kreator lokal untuk memamerkan produk mereka sekaligus dikompetisikan untuk merebut modal usaha total Rp 1,5 miliar.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana ajang Makerfest 2018 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest merupakan ajang bagi para kreator lokal untuk memamerkan produk mereka sekaligus dikompetisikan untuk merebut modal usaha total Rp 1,5 miliar.
Ajang ini memungkinkan para kreator lokal bergabung, kemudian menjalani penilaian hingga ditetapkan sebagai tiga terbaik yang bisa menerima modal usaha dengan total Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Berburu Berbagai Voucher dan Gift Card Murah di Tokopedia

Makerfest 2018 akan dilaksanakan di delapan kota, mulai dari Medan, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Bandung, dan Jakarta.

Ajang tersebut akan berlangsung hingga Desember 2018, di mana di tiap kota akan dipilih tiga kreator lokal terbaik untuk dikompetisikan di Jakarta dan dipilih tiga kreator lokal terbaik.

Selain dapat modal usaha, pemenang Makerfest juga dapat reward lain berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi dengan pelaku industri, hingga kesempatan ikut pameran internasional.

Kompas TV Sebelumnya di 2017, Alibaba juga menyuntikkan modal sekitar 14 Triliun rupiah ke Tokopedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com