Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Prediksi Pemudik Motor Tahun Ini Mencapai 6,39 Juta Orang

Kompas.com - 08/04/2018, 14:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudi yang menggunakan kendaraan roda dua atau motor, pada Lebaran tahun 2018.

Adapun peningkatan tersebut cukup besar, yakni dari 4,78 juta orang pada tahun lalu naik menjadi 6,39 juta orang pada tahun ini. Dengan kata lain terjadi kenaikan jumlah pemudik sebesar 30,44 persen dari tahun ke tahun (year on year).

Menghadapi prediksi tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengingatkan agar Pemerintah Daerah segera menyiapkan antisipasi, salah satunya dengan mulai menertibkan pedagang kaki lima serta memaksimalkan kapasitas jalan.

Baca juga : Libur Panjang, Pemudik Via GT Cikarang Diprediksi 70.000 Kendaraan

"Pemerintah Daerah harus berani mengatur atau semacam membangun simpul-simpul niaga tradisional untuk menampung pedagang kaki lima di pasar tumpah sehingga kapasitas jalan yang ada dapat digunakan secara optimal," terangnya melalui keterangan resmi pada Kompas.com, Minggu (8/4/2018).

Selain meminta persiapan Pemerintah Daerah, Kemenhub juga telah menyiapkan program mudik gratis untuk membantu mengurangi jumlah pemudik yang memakai kendaraan roda dua. Pasalnya moda transportasi tersebut cenderung kurang aman untuk perjalanan panjang dan kerap menjadi penyebab kecelakaan.

Program mudik gratis yang dibuka oleh Kemenhub khusus untuk mengangkung pemudik yang membawa motor. Rencananya motor para pemudik itu akan diangkut ke tujuan menggunakan 45 unit truk, dengan kapasitas tampung maksimal 2.25 unit motor. Kemudian disediakan juga 25 unit truk untuk arus balik, dengan kapasitas tampung 1.125 unit motor.

Baca juga : Lebaran Tahun Ini, Pemudik Bisa Lintasi Tol Wilangan-Kertosono

"Manfaatkanlah program mudik gratis yang telah disediakan oleh Pemerintah, BUMN dan Swasta,” ujar Budi.

Selain jumlah pemudik, Kemenhub juga memperkirakan bahwa pada Lebaran 2018 mendatang, lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama puncak arus mudik terjadi pada tanggal 12 Juni 2018 (H-3) dengan volume 116.270 kendaraan atau naik 0,03 persen dari tahun 2017.

Sedangkan puncak arus balik lebaran 2018 diprediksi terjadi pada tanggal 19 Juni 2018 (H+3) sebesar 109.632 kendaraan atau turun 3,9 persen dari tahun 2017.

Kompas TV Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tiket kereta api yang habis terjual untuk masa mudik tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com