Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Toll Road Targetkan Tol Cibitung-Cimanggis Tembus Transyogi Tahun Ini

Kompas.com - 10/04/2018, 21:25 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain jalan tol yang ada di Jaringan Tol Trans Jawa, PT Waskita Toll Road (WTR) juga turut menggenjot proses konstruksi jalan tol di luar itu. Salah satu yang menjadi perhatian WTR adalah Jalan Tol Cibitung-Cimanggis.

Direktur Utama WTR Herwidiakto menargetkan jalan tol Cibitung-Cimanggis bisa tembus hingga jalan Transyogi Cileungsi Kabupaten Bogor, pada tahun ini.

"Untuk Cimanggis-Cibitung kami punya target 3,5 kilometer tembus ke Transyogie tahun ini," kata dia saat ditemui wartawan di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Herwidiakto menambahkan, saat ini progres pembebasan lahannya telah mencapai 90 persen. Namun, dia tak menyampaikan perihal progres konstruksi secara fisiknya.

"Jadi untuk sekarang ini fokusnya itu di jalan layang dari Cibitung ke arah Cilincing dan Cibitung ke arah Cimanggis dibangun dahulu interchange-nya karena relatif lahannya sudah bebas dan milik Jasa Marga," jelasnya.

Proyek jalan tol sepanjang 26,3 kilometer ini diyakini mampu memecah kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Transyogi, Cileungsi.

Selain itu, sebagai pelengkap jaringan Jalan Tol Jabodetabek, Tol Cimanggis-Cibitung diharapkan juga mampu memecah kepadatan dua tol ibu kota, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jagorawi.

Selama ini pengguna jalan dari tol Jakarta-Cikampek yang ingin ke Cibubur, Depok, dan Bogor mesti memutar terlebih dahulu melalui JORR baru ke Jalan Tol Jagorawai menuju Bogor.

Dengan adanya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini maka pelintas jalan dari Cikampek bisa langsung membelokkan kendaraannya masuk ke tol tersebut dan bertemu Jalan Tol Jagorawi di Cimanggis.

Berdasarkan rencana pembangunannya, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung bakal terhubung dengan sejumlah tol lain.

Pertama, di Simpang Susun Cimanggis, tol tersebut akan terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Kemudian yang kedua di Simpang Susun Cibitung, akan terhubung dengan Jalan Tol Jakarta Cikampek dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com