Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Lebaran, Jasa Marga Bongkar Gerbang Tol Cikarang Utama

Kompas.com - 11/04/2018, 19:26 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Jasa Marga akan merealisasikan pembongkaran Gerbang Tol Cikarang Utama setelah Lebaran ini. Direktur Operasi II Jasamarga Subakti Syukur mengatakan, hal itu merupakan upaya untuk mengurai kemacetan di ruas tol tersebut.

Selama ini Gerbang Tol Cikarang Utama merupakan titik temu kendaraan dari berbagai arah dan sebagian besar adalah kendaraan lokal. Hal ini menurut dia, yang menyebabkan kemacetan yang cukup parah, utamanya ketika liburan.

"Jadi gini, sebagian besar kendaraan yang lewat di ruas jalur Jakarta-Cikampek ini lalu lintas lokal, sebanyak 60 persen pengguna jalan tol ini komuter, baru 40 persen lainnya yg ke arah utara dan selatan," ujarnya di Kantor Cabang Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Kamis (10/04/2018).

Dengan dibongkarnya gerbang tol utama tersebut, diharapkan arus lalu lintas akan lebih lancar karena lokasi pembayaran tol tidak lagi terpusat di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Baca juga: Tahun Ini Jasa Marga Akan Bangun Jalan Tol Sepanjang 337,12 Km

"Mudah-mudahan Lebaran tahun depan sudah pisah. Arah utara sendiri, selatan sendiri, dan untuk komuter transaksi pembayaran dilakukan di masing-masing tujuan," sebut Subakti.

Untuk pembongkaran itu, Jasa Marga menganggarkan Rp 170 miliar, termasuk untuk memisahkan dan membangun gerbang tol baru.

Kompas TV Hingga Minggu (2/7) sore, pintu tol Cikarang Utama terpantau lebih lengang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com