Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Industri Berorientasi Ekspor, BI dan Pemerintah Gelar Rapat di Batam

Kompas.com - 12/04/2018, 13:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (13/4/2018).

Rapat tersebut bertajuk "Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor Melalui Perluasan Akses Pasar dan Optimasi Kawasan Industri."

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menjelaskan, rakor antara BI, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah sudah diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu. Adapun rakor di Batam kali ini merupakan yang ke-15.

Menurut Dody, tujuan rakor adalah untuk menyelesaikan berbagai masalah di sektor riil. Hal ini sejalan pula dengan peran bank sentral dalam membantu stabilitas moneter, inflasi, dan nilai tukar.

"Itu semua (peran BI) tidak ada artinya kalau ekonomi tidak tumbuh, tidak pesat. Kesejahteraan masyarakat dan lapangan kerja tersedia itu yang harus dicapai," ujar Dody dalam media briefing di Hotel Radisson Batam, Kamis (12/4/2018).

Rakor tersebut akan dipimpin oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Peserta yang hadir antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Hadir pula Duta Besar Indonesia di Singapura, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Kepala BP Batam, serta Walikota dan Bupati di Kepulauan Riau.

"Rencana terkait Indonesia bisa bangkit menjadi negara yang penghasilannya meningkat, lapangan kerja tersedia, maka perlu loncatan, harus masuk ke tataran industri manufaktur yang tumbuh kembali pesat," jelas Dody.

Ia menjelaskan, kembali bangkitnya industri manufaktur, khususnya yang berorientasi ekspor diyakini dapat membantu mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya itu, dengan berkembangnya industri manufaktur, tenaga kerja pun akan terserap dan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal-hal tersebut akan dibahas dalam rakor. Termasuk pula penyusunan solusi pengembangan industri manufaktur berorientasi ekspor, tidak terkecuali di Batam yang dikenal sebagai sentra industri manufaktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com