Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Peringkat Tunjukkan Kondisi Ekonomi Indonesia Membaik

Kompas.com - 13/04/2018, 20:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Service menaikkan peringkat Sovereign Credit Rating (SCR) Indonesia dari Baa3 outlook positif menjadi Baa2 outlook stabil. Kenaikan peringkat tersebut diumumkan Moody's pada hari ini, Jumat (13/4/2018).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengungkapkan, dengan kenaikan peringkat tersebut, maka sudah ada 4 lembaga pemeringkat internasional yang memberikan penilaian layak investasi kepada Indonesia. Selain Moody's, lembaga pemeringkat lainnya adalah Standard & Poor's, Fitch Ratings, dan Japan Credit Rating Agency (JCR).

Agus mengungkapkan, pertimbangan Moody's dalam menaikkan peringkat Indonesia adalah lembaga tersebut melihat kebijakan di sektor riil, fiskal, dan moneter telah dilakukan secara konsisten hati-hati. Selain itu, Indonesia pun terus melakukan reformasi, sehingga stabilitas makroekonomi Indonesia terus terjaga.

"Ini adalah pengukuhan Indonesia terus menunjukkan kondisi membaik," sebut Agus di sela-sela Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan BI di Batam, Kepulauan Riau.

Baca juga: Moodys Naikkan Rating Indonesia Jadi Baa2, Outlook Stabil

Agus mengungkapkan, perekonomian Indonesia menunjukkan kinerja yang baik dalam tiga bidang. Pertama, pengelolaan fiskal Indonesia dilakukan dengan baik, tercermin dari defisit fiskal yang terjaga dengan baik.

Pada tahun 2018, imbuh Agus, defisit fiskal diperkirakan bakal terjaga di 2,2 persen. Selama 20 tahun terakhir, Indonesia pun dapat menjaga defisit fiskal tidak lebih dari 2,7 persen.

Di samping itu, Moody's pun memberikan pujian kepada bank sentral. Pasalnya, sebut Agus, bank sentral dapat melakukan pengelolaan kebijakan moneter secara hati-hati dan konsisten.

Tidak hanya itu. reformasi di sektor riil pun terus digulirkan melalui 15 paket kebijakan yang dikeluarkan dan terus dievaluasi efektivitasnya. Agus menyatakan, dengan reformasi yang terus digulirkan, bank sentral optimistis peringkat Indonesia akan terus naik.

"Kami optimistis Indonesia bisa terus naik rating-nya," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com