Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Bank Mandiri, Jamkrindo Beri Penjaminan Kredit untuk UMKM Konstruksi

Kompas.com - 16/04/2018, 13:57 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memberi penjaminan kredit yang disalurkan Bank Mandiri kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah atau koperasi (UMKMK) yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pengadaan barang, Senin (16/4/2018).

Sumber dana pengembalian jaminan ini berasal dari APBN/APBD/BUMN. Sementara untuk nilai maksimal proyek yang dapat diberi penjaminan oleh Jamkrindo adalah Rp 5 miliar.

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto selepas acara menjelaskan, latar belakang dari pemberian jaminan ini adalah pembangunan infrastuktur yang sedang gencar dilakukan beberapa waktu belakangan ini.

"Selama ini kami sudah melakukan penjaminan konstruksi, baik dengan bank lain ataupun secara langsung. Untuk prospek memang sangat bagus," ujarnya.

Dirinya menjelaskan sasaran penjaminan kredit konstruksi ini bukanlah kontraktor utama, tetapi subkontraktor dan vendor yang ada di bawahnya.

"Untuk Jamkrindo, karena memang sasaran kami adalah UMKMK yang mau diambil adalah trickel down di bawahnya," ujarnya lebih lanjut.

Kerjasama ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis untuk meningkatkan sinergi serta kelancaraan kegiatan bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan.

“Kerjasama ini sangat strategis dan bertujuan lebih meningkatkan kinerja kedua belah pihak, sekaligus volume penjaminan di Perum Jamkrindo,” ujarnya.

Selain Bank Mandiri melakukan penandatanganan kerjasama dengan Jamkrindo, juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Bank Mandiri dengan PT Askrindo , PT Jasindo , PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asuransi Asei Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com