Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLHK Beri Kelonggaran pada Pertamina soal BBM Euro 4

Kompas.com - 17/04/2018, 11:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya akan memberikan kelonggaran bagi PT Pertamina (Persero) Tbk dalam hal distribusi bahan bakar minyak (BBM) berstandar Euro 4.

Kelonggaran itu diberikan setelah Siti Nurbaya melakukan diskusi dengan Pertamina dan juga Kementerian Perindustrian perihal penyaluran BBM tersebut.

Kesepakatan diskusi tersebut adalah memberikan semacam relaksasi bagi jenis kendaraan tertentu untuk menggunakan BBM dengan standar Euro 4.

"Saya sudah diskusi dengan Pertamina dan Menteri Perindustrian terhadap Euro 4 ini. Memang ada pengecualian, ada transisi untuk kendaraan-kendaraan tertentu, dari beberapa jenis ada relaksasinya," sebut Siti Nurbaya di Gedung DPR/MPR, Senin (16/4/2018).

Baca juga: Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Pemerintah Bakal Jatuhkan Sanksi ke Pertamina

Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya telah memberikan kesempatan untuk Pertamina agar menyiapkan infrastruktur penyaluran BBM Euro 4 tersebut. Pasalnya, Pertamina sempat mengeluh lantaran terbatas dalam hal infrastruktur penyaluran Euro 4.

"Tetapi memang Pertamina bilang ke saya bahwa dia punya kesulitan karena setiap produk Pertamina dari awal sampai distribusi itu alat-alatnya tertentu. Itu yang kami masih mau rapat dan dia minta kelonggaran terkait itu," sambung dia.

Namun begitu, Siti Nurbaya telah menargetkan agar BBM Euro 4 tersebut bisa beredar luas di masyarakat setelah enam bulan sejak masa transisi pada September 2018 mendatang.

Adapun distribusinya diharapkan bisa dilakukan di daerah dengan padat penduduk. "Enam bulan dari September 2018. Kami harapkan kalau bisa di daerah yang padat dulu," ucap Siti Nurbaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com