Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Luncurkan Kartu Debit Berlogo GPN

Kompas.com - 17/04/2018, 18:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Peluncuran kartu debit berlogo Garuda tersebut sejalan dengan implementasi GPN untuk mewujudkan interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional.

Kartu debit berlogo GPN tersebut akan hadir bersama dengan produk-produk tabungan perseroan, antara lain Batara, Simpel (Simpanan Pelajar), Tabunganku, dan Tabungan Cermat.

“Kami menyiapkan kurang lebih 400.000 kartu Debit BTN GPN untuk tahun ini dan akan dilakukan bertahap sesuai dengan roadmap BI untuk penerbitan Kartu ATM Berlogo GPN sampai dengan tahun 2021,” kata Budi Satria, Direktur Consumer Banking BTN dalam pernyataan resmi, Selasa (17/4/2018).

Budi menjelaskan, nasabah bisa memperoleh kartu debit berlogo Garuda tersebut dengan mengajukan aplikasi langsung ke kantor cabang BTN terdekat. Untuk nasabah baru, BTN juga akan menawarkan kartu debit berlogo GPN sebagai kartu utama untuk melakukan transaksi di dalam negeri.

Menurut Budi, penggunaan kartu debit berlogo GPN harus dioptimalkan di dalam negeri, selain menguntungkan pihak bank karena lebih efisien dalam membelanjakan modalnya untuk infrastruktur transaksi seperti mesin ATM.

Adapun pihak nasabah juga bisa merasakan setidaknya tiga keuntungan. Pertama, transaksi akan lebih aman karena proses data transaksi akan disimpan oleh sistem pembayaran dalam negeri.

Kedua, biaya Merchant Discount Rate (MDR) yang lebih kompetitif. Ketiga, nasabah bisa menggesek kartu debitnya di mesin electronic data capture (EDC) milik perbankan manapun di dalam negeri.

Untuk memperlancar transaksi, BTN saat ini telah terhubung dengan empat lembaga switching yaitu Jalin, Rintis, Artajasa dan ALTO. Ini untuk mendukung transaksi kartu baik melalui Mesin ATM dan EDC.

“Hal ini sesuai dengan ketentuan dari BI bahwa bank harus terhubung dengan minimal 2 lembaga switching,” ungkap Budi.

Budi berharap dengan hadirnya kartu debit berlogo GPN tidak hanya membuat transaksi perbankan menjadi lebih baik bagi nasabah, tapi juga mendukung kelancaran program pemerintah misalnya dalam penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com