Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Pengoperasian Bandara Kertajati akan Melalui Tiga Tahap

Kompas.com - 17/04/2018, 20:00 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II akan mengoperasikan Bandara Kertajati melalui tiga tahapan.

Direktur Utama Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, tahap pertama adalah soft launch expression pada 24 Mei 2018.

"Karena 24 Mei 2018 itu adalah pemberlakuan Aeroneutical Information Publication yang menyatakan bahwa bandara ini sudah beroperasi ke seluruh dunia," ujarnya, Selasa (17/4/2018).

Publikasi kepada bandara di seluruh dunia ini bertujuan untuk memberi referensi kepada penerbangan dunia, dan akan mulai berlaku pada Kamis, (24/5/2018).

Tahap berikutnya adalah melakukan operasi sesuai penerbangan untuk angkutan Lebaran. Angkutan Lebaran ini akan mulai dioperasikan sekitar H-10 hingga H-10 pada Idul Fitri tahun ini.

Asumsinya, kurang lebih akan ada 250 ekstra flight dengan beberapa maskapai penerbangan domestik ke enam kota, yaitu Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin dan Medan.

"Yang ketiga, nanti operasi penerbangan Haji yang akan menjadi embarkasi untuk Jawa Barat dari dua kabupaten, Majalengka dan Sumedang,"

Untuk pemberangkatan Haji sendiri, terdapat kurang lebih 2.000 penumpang Haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com