Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gogobli Beri Kemudahan Toko Obat dan Apotek dapat Pasokan Obat secara Online

Kompas.com - 18/04/2018, 07:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumitnya jalur distribusi produk kesehatan dan kecantikan dari produsen ke toko atau apotek dan konsumen membuat salah satu e-commerce Gogobli.com hadir di antara tiga pihak tersebut.

Direktur Operasional Gogobli Joe Hansen mengatakan, selama ini toko-toko obat maupun apotek kerap kesulitan memperoleh barang dari produsen lantaran jalur distribusinya yang panjang.

"Selama ini kalau dilihat, jalurnya itu terlalu panjang dari pabrik, sebelum bisa ke toko dan konsumen kerap lewat pihak kedua dan ketiga yang membuat toko atau apotek itu harus membayar lebih untuk produk kesehatan atau kecantikan yang dibelinya," ujar Joe di Jakarta, Selasa (16/4/2018).

Alur distribusi yang rumit itu ditambah parah dengan sering tidak meratanya peredaran produk kesehatan atau kecantikan tertentu yang akhirnya memaksa toko mencari jauh dari tempatnya berjualan.

Untuk itu, Gogobli mendorong para toko atau ritel offline yang menjual produk kesehatan dan kecantikan untuk go online.

"Kolaborasi serta sinergi yang kami hadirkan bagi pebisnis retail offline bertujuan agar mitra toko dapat meningkatkan performa bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi digital dari platform kami. Di era distrupsi digital seperti ini, peralihan bisnis harus cepat dilakukan karena kompetisi yang begitu ketat, ibaratnya change or die," jelas Joe.

Dalam praktiknya, Gogobli menjadi pihak yang menghubungkan antara pabrik atau produsen produk kesehatan dan kecantikan dengan toko-toko atau dengan kata lain secara business to business (B2B).

Gogobli hanya menjual produk kesehatan dan kecantikan jenis jamu, herbal China, suplemen, dan kosmetik.

"Sejak Mei 2016 kami telah bermitra dengan 20.000 ribu toko obat atau apotek di mall, pasar, dan lainnya. Selain itu, ada juga lebih dari 500 brand principal yang memasarkan produk-produknya di platform online kami," sambung Joe.

Terkait keaslian produk, Joe memastikan kalau semua produk kesehatan maupun kecantikan yang didistribusikannya terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Keuntungan buat toko dan apotek yang bermitra dengan kami bisa mendapatkan promo setiap hari, ada cashback point yang bisa jadi potongan harga ketika membeli produk dan pembelian tanpa jumlah minimum," tandas Joe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com