Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Fungsi Penting Pusat Bisnis

Kompas.com - 19/04/2018, 19:33 WIB
Josephus Primus

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga fungsi penting pusat bisnis adalah  menghimpun,  membangun, dan memberikan pelatihan kepada kalangan yang berminat menjadi pengusaha.

Dalam hal ini, kata Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Andre Rahadian, pusat bisnis atau business centre itu ada kaitannya dengan para alumni UI.

Pusat bisnis itu memberikan pelatihan di bidang teknologi digital yang saat ini sedang berkembang. (Baca: Menggenjot Jumlah Ideal Pelaku Wirausaha Indonesia)

Kini, Divisi Pusat Bisnis  dipimpin pengusaha muda lulusan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI Andreas Sanjaya.

“Alumni UI akan selalu siap untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa saat ini dan di masa depan. Termasuk menyelesaikan persoalan masih kurangnya pelaku-pelaku bisnis di tanah air. Alumni UI Siap bersinergi dengan pihak UI untuk menghasilkan pengusaha-pengusaha sukses di masa depan,” ujar Andre Rahadian.

Mendukung

Sementara itu, Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono menyatakan, pihaknya siap mendukung dan merealisasikan keinginan Rektor UI  Muhammad Anis agar di masa datang, alumni UI lebih banyak yang berprofesi sebagai pengusaha.

Saat ini, jumlah lulusan UI yang berprofesi sebagai pengusaha apalagi masuk kategori pengusaha sukses masih sangat sedikit. Untuk itu, pihaknya akan terus memperkuat kerja sama dengan sesama alumni yang telah sukses di dunia bisnis.

Salah satunya pengusaha nasional lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI yang juga pendiri dan pimpinan CT Corporation, Chairul Tanjung.

“ Setidaknya, 10 persen dari lulusan UI bisa berprofesi sebagai pengusaha yang sukses,” kata Arief, kemarin, di Jakarta sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com, hari ini.

Sebelumnya, Rektor UI dalam acara yang dihadiri Chairul Tanjung mengatakan akan meningkatkan kerja sama dengan Iluni UI dengan CT Corporation.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Pihak UI, kata Arief, ingin membangun pusat pelatihan kewirausahaan UI di Depok dan Jakarta.

Nantinya, mahasiswa maupun alumni UI yang baru menyelesaikan kuliahnya dapat mengikuti dan mengasah bakat dan keahlian mereka di bidang enterpreneur di pusat pelatihan tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com