Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2018, Modal Asing Masuk ke RI Capai 800 Juta Dollar AS

Kompas.com - 20/04/2018, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, arus modal asing yang masuk ke Indonesia (inflow) mencapai 800 juta dollar AS. Angka tersebut adalah selama pekan pertama bulan April 2018.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menyebut, masuknya arus modal asing ke Indonesia tersebut tidak terlepas dari pengaruh sentimen positif terhadap prospek perekonomian Indonesia.

"Angka terakhir sekitar 800 juta dollar AS in nett masuk ke dalam semua instrumen yang ada," jelas Dody di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Dody, salah satu sentimen positif adalah kenaikan peringkat utang dari lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Service. Sebelumnya, Indonesia berada di level Baa3, kemudian dinaikkan menjadi Baa2 dengan outlook stabil.

Baca juga : Januari-November 2017, Modal Asing ke Indonesia Capai Rp 137 Triliun

Selain itu, obligasi global dalam mata uang rupiah juga akan masuk ke dalam Global Aggregate Index Bloomberg Barclays. Dengan masuknya obligasi global berdenominasi rupiah tersebut, surat utang global yang diterbitkan akan lebih diperhitungkan dunia.

"Indikator-indikator kita banyak yang positif dan dalam waktu dekat kita masuk ke dalam global bond index SUN kita. Ini memberikan gambaran bahwa asing memberikan keyakinan kepada Indonesia," ungkap Dody.

Lebih lanjut, Dody menyebutkan, kondisi eksternal masih bisa mempengaruhi jumlah arus modal yang masuk ke Indonesia. Sementara itu, kondisi di dalam negeri juga masih berpotensi memberikan sentimen positif terhadap arus modal asing yang masuk ke Indonesia.

"Banyak hal positif yang bisa kita ceritakan, di tengah-tengah orang melihat inflasi," terang Dody.

Kompas TV Investor dari AS mulai menarik dana di luar negeri menyusul ketegangan di Semenanjung Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com