Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi di Trade Expo Indonesia Ditargetkan 1,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/04/2018, 13:03 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meningkatkan target nilai transaksi pada penyelenggaraan Trade Expo Indonesia ke-33 menjadi 1,5 dolar AS, dari capaian transaksi tahun sebelumnya senilai 1,41 dolar AS. 

Sementara itu, untuk jumlah pengunjung Kemendag menargetkan 28.000 pengunjung yang hadir dalam pameran yang akan diadakan pada 24 hingga 28 Oktober mendatang.

Kemendag juga menargetkan jumlah partisipan sebanyak 1.100 peserta yang meliputi produsen, eksportir, serta pemasok produk barang dan jasa Indonesia yang memiliki keinginan memperluas pasar ke kancah internasional.

"Dari sisi potential buyers baik KBRI, atase perdagangan, ITPC dan Kementerian Perdagangan sudah mengirim surat dan undangan untuk negara-negara potensial baik yang dulu sudah pernah hadir maupun belum," ujar Menteri Perdagangan, Enggartyasto Lukita di Gedung Kementerian Perdagangan, Jumat (20/4/2018).

Mendag menjelaskan hingga saat ini, pasar yang masih potensial untuk produk ekspor Indonesia adalah pasar Afrika. Hingga saat ini Kementarian Perdagangan masih mengejar pasar Maroko, Kenya, dan Nigeria. Kementerian Perdagangan juga bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri berusaha untuk membuka pasar Turki, Mesir, dan Brasil.

Untuk target ekspor sendiri, tahun ini pemerintah menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor hingga 11 persen. Sementara tahun lalu, nilai ekspor indonesia mencapai 15,89 persen melebihi target yang hanya 5,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com