Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Besar, Potensi Jasa Layanan Kecantikan

Kompas.com - 23/04/2018, 14:03 WIB
Josephus Primus

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi jasa layanan kecantikan makin besar seiring dengan meningkatnya industri kecantikan di Indonesia. Catatan pada laman kemenperin.go.id menunjukkan bahwa sejak 2012, rata-rata pertumbuhan sektor ini mencapai 15 persen.

Sektor jasa layanan kecantikan, khususnya di zaman digital sejak beberapa tahun belakangan pun ikut berkembang. Hal ini juga punya kaitan dengan makin banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang terkoneksi internet.

Catatan Kompas.com pada 22 Februari 2018 menunjukkan bahwa dari 265 juta jiwa penduduk Indonesia,  lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017, menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI).

Dasar pertimbangan itu menjadi salah satu landasan bagi  tiga anak muda Indonesia  yakni Naula Kamila (22), Syifa Alsakina (22), dan Galih Taufiqurrahman (22) mendirikan perusahaan rintisan berbasis teknologi informasi (startup) bernama Mecapan.

Pada rilis yang diterima Kompas.com, kemarin, Mecapan diluncurkan pada 21 April 2018. Di Tanah Air, 21 April adalah Hari Kartini, tokoh perempuan pejuang yang memelopori persamaan hak perempuan dengan laki-laki.

"Wanita, punya kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan perawatan kecantikan yang mereka butuhkan," kata Naula Kamila, Co-Founder sekaligus CEOPT  Mecapan Kreasi Indonesia.

Fitur

Berdiri dari kiri ke kanan, Galih Taufiqurrahman (COO Mecapan), Naula Kamila (CEO Mecapan), dan Syifa Alsakina (CMO Mecapan)Mecapan Kreasi Indonesia Berdiri dari kiri ke kanan, Galih Taufiqurrahman (COO Mecapan), Naula Kamila (CEO Mecapan), dan Syifa Alsakina (CMO Mecapan)

Aplikasi Mecapan menggabungkan penyedia jasa kecantikan home service dan beauty parlour dalam satu aplikasi. Di dalam Mecapan, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur utama yakni discovery, online booking, dan scheduling.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan request booking terhadap layanan jasa kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan mereka.

Pasalnya, pada aplikasi itu ada fitur filter berdasarkan lokasi, harga, pemeringkatan, dan review hingga berdasarkan besaran diskon yang diberikan oleh beauty provider.

“Saat ini Mecapan telah menggaet lebih dari 500 beauty providers dari 12 kategori kecantikan yang datang dari berbagai kalangan mulai dari usaha kecil, menengah maupun besar dengan variasi harga yang luas  di area Jabodetabek,” ujar Naula Kamila.

Terdapat selusin kategori pada aplikasi ini. Cakupannya meliputi pelayanan kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki yang dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu, face (muka), hair (rambut), dan body (badan).

Saat ini, aplikasi Mecapan baru mencakup jasa kecantikan di area Jabodetabek. Namun, sudah ada perencanaan perluasan cakupan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com