Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Terbuka, Peluang Industri Makanan dan Minuman Kembangkan Perdagangan secara Elektronik

Kompas.com - 24/04/2018, 19:54 WIB
Josephus Primus

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluang sektor industri makanan dan minuman mengembangkan perdagangan secara elektronik atau e-commerce makin terbuka.

Catatan dari laman kemenperin.go.id yang mengutip pendapat Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menunjukkan bahwa sektor ini adalah satu dari lima prioritas pemerintah mengembangkan Revolusi Industri 4.0.

"Lima sektor ini demand-nya terbesar di dunia," tuturnya.

Kinerja industri makanan minuman, menurut Kemenperin, terbilang tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan manufaktur.

Dari catatan Kemenperin, kinerja industri makanan da minuman setiap tahun cukup tinggi dengan rata-rata di atas pertumbuhan sektor manufaktur. Pada triwulan III/2017, pertumbuhan industri ini sebesar 9,46 persen atau naik dibanding capaian pada triwulan II/2017 sekitar 7,19 persen.


Target

Lantaran pertimbangan tersebut, perusahaan Garuda Food yang bergerak di sektor makanan dan minuman juga mengambil kebijakan mengembangkan diri di sektor e-commerce.

"Ini langkah antisipasi kami menghadapi ekonomi digital," tutur kata Managing Director Garuda Food, Fransiskus Johny di sela-sela  acara Pameran Industri Makanan dan Minuman di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Acara yang dibuka Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kantor Kementerian Perindustrian itu akan berlangsung hingga 27 April 2018.

Fransiskus Johny menjelaskan, pergeseran pola konsumsi masyarakat dari konvensional ke online juga menjadi salah satu alasan pihaknya masuk ke pasar e-commerce. Pertumbuhan penjualan ditargetkan bisa tumbuh di atas 15 persen pada 2018.

"Perkembangan teknologi yang ada saat ini harus kita manfaatkan seoptimal mungkin," pungkas Fransiskus Johny.

Managing Director GarudaFood Fransiskus Johny (paling kiri) didampingi oleh Head of Corporate Communication Dian Astriana (paling kanan) menjelaskan mengenai produk Gery Saluut Malkist Matcha untuk pasar e-commerce kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan), Dirjen Perindustrian Panggah Susanto (berkacamata), dan Ketua Umum GAPMMI Adhi S Lukman (kedua kiri) pada Pameran Industri Makanan dan Minuman di Jakarta, Senin (23/4/2018).
Dokumentasi Garuda Food Managing Director GarudaFood Fransiskus Johny (paling kiri) didampingi oleh Head of Corporate Communication Dian Astriana (paling kanan) menjelaskan mengenai produk Gery Saluut Malkist Matcha untuk pasar e-commerce kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan), Dirjen Perindustrian Panggah Susanto (berkacamata), dan Ketua Umum GAPMMI Adhi S Lukman (kedua kiri) pada Pameran Industri Makanan dan Minuman di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com