Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Kumpulkan 195 TB Kuota Internet untuk Disalurkan ke Sekolah

Kompas.com - 27/04/2018, 16:10 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk dalam periode Agustus 2017 hingga Maret 2018 XL Axiata telah berhasil menguplukan lebih dari 195 TB (Tera Byte) kuota data.

Kuota data ini akan disalurkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK).

Sejauh ini, XL Axiata telah berhasil mednonasikan kuota ke 75 sekolah yang terdiri dari SMP dan SMA di wilayah Batam, Karimun, Tanjung Pinang dan Bintan. Masing-masing sekolah menerima donasi kuota sebesar 240 GB selama satu tahun.

"Saat ini Program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data dari bulan Agustus 2017 hingga Maret 2018. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Mei 2018 nanti secara nasional total sudah akan ada 578 sekolah yang menerima program ini," ujar Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini melalui keterangan pers, Kamis (26/4/2018).

Dirinya menjelaskan Provinsi Kepulauan Riau saat ini menjadi salah satu prioritas untuk program GDK. Karena, sekolah-sekolah di provinsi ini sangat membutuhkan layanan internet untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Selanjutnya, penyaluran donasi kuota layanan data program GDK akan dilakukan di sejumlah daerah hingga akhir tahun. Untuk data sekolah semuanya berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi setempat.

XL Axiata menargetkan donasi ini akan bisa tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai daerah selama tiga tahun mendatang.

Mekanisme penyaluran donasi kuota layanan data akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau routerXL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar.

Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem monitoring penggunaan kuota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com