Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa, Ritel Modern Tambah Stok Barang 35 Persen

Kompas.com - 30/04/2018, 10:22 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang bulan Ramadhan yang akan tiba beberapa pekan lagi, pengusaha ritel modern sudah bersiap menambah stok barang untuk melayani lonjakan kebutuhan masyarakat.

Tambahan stok barang ini telah dipenuhi di pusat distribusi untuk kemudian disalurkan ke ritel-ritel modern.

"Ritel modern sebagai leader price dalam sebagian barangnya yang diperdagangkan sudah memiliki stok penyimpanan barang terutama menjelang kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, di mana stok ini kami lebihkan 30 sampai 35 persen dari bulan-bulan sebelumnya," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey kepada Kompas.com, Senin (30/4/2018).

Roy menjelaskan, tambahan stok ini dipastikan tidak terpengaruh oleh tren pelemahan rupiah terhadap dollar AS yang sempat terjadi selama sepekan terakhir.

Baca juga: Jelang Puasa dan Lebaran, Mendag Sebut Harga Pangan Aman

Sehingga, barang-barang yang dijual melalui ritel modern jelang bulan Ramadhan nanti dipastikan tidak mengalami kenaikan harga atau tetap menggunakan harga normal.

Meski begitu, Roy berharap pemerintah bisa sesegera mungkin mengatasi dampak pelemahan rupiah ini.

Jika hal tersebut terus berlanjut, dia khawatir akan ada dampak kenaikan harga terhadap sejumlah komoditi yang berasal dari impor.

"Kalau rupiah melemah terus, akan menggeser beberapa barang, khususnya yang komoditi atau bahan bakunya dari impor, itu akan terkoreksi. Tentu ini akan berpengaruh kepada harga," tutur Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com