Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer Ekonomi: Jokowi Tak Khawatir Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 02/05/2018, 09:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turut mendorong Presiden jokowi berkomentar.

Menurut Presiden, meskipun rupiah melemah, pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan karena fundamental ekonomi Indonesia yang kokoh. Berita mengenai pelemahan rupiah ini menjadi yang terpopuler pada awal pekan ini.

Berita lainnya yang juga populer yakni masih mengenai ramainya kebocoran pembicaraan antara Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Dirut PLN Sofyan Basir.

Berikut lima berita populer ekonomi di awal pekan ini:

1. Presiden Jokowi Tak Khawatir Rupiah Hampir Tembus Rp 14.000 Per Dollar AS

Presiden Joko Widodo menegaskan Jokowi menilai melemahnya nilai tukar rupiah sampai nyaris mendekati Rp 14.000 per dollar Amerika Serikat belum mengkhawatirkan. Meski kurs tengah bergejolak, indikator makroekonomi Indonesia dinilai masih baik. Sebagai contoh, ia masih melihat inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan nilai ekspor yang berada pada level wajar.

2. Sri Mulyani Sampaikan Salam Perpisahan ke Agus Martowardojo

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengucapkan salam perpisahan kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di sela-sela konferensi pers selepas rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan ( KSSK) di Gedung BI, Senin (30/4/2018). Sri Mulyani pun mengingatkan bahwa rapat KSSK hari ini merupakan rapat terakhir bersama dengan Agus Martowardojo lantaran posisinya sebagai Gubernur BI akan digantikan oleh Perry Warjiyo. Tak lupa mantan Direktur Bank Dunia itu juga menghaturkan terima kasih atas kinerja Agus di BI sejak 2013 silam.

3. Beredar Rekaman Menteri Rini dan Dirut PLN soal Bagi-bagi Saham, Ini Tanggapan Kementerian BUMN

Kementerian BUMN menyebut rekaman percakapan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Direktur Utama PLN Sofyan basir yang beredar di masyarakat, sengaja diedit sedemikian rupa dengan tujuan memberikan informasi yang salah dan menyesatkan.

"Kementerian BUMN menegaskan bahwa percakapan tersebut bukan membahas tentang 'bagi-bagi' saham sebagaimana yang dicoba digambarkan dalam penggalan rekanan suara tersebut," kata Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro seperti dikutip dari Kontan, Minggu (29/4/2018).

4. BRI: Tidak Ada Lagi Bawa-bawa Uang Tunai, Pakai Kartu Saja...

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah (Kanwil) Medan bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPBN) Provinsi Sumatera Utara melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sosialisasi kartu kredit. Pada kesempatan tersebut BRI mengeluarkan kartu kredit Corporate Card untuk seluruh satuan kerja (satker) kementerian dan lembaga negara.

5. Efek Disrupsi, Mungkinkah Kembali ke Desa?

Saya baru saja meninggalkan kawasan pedesaan yang dipenuhi kebun-kebun anggur yang indah di Tuscany, Italia. Kawasan seperti ini tiba-tiba menjadi lapangan kerja baru, menyusul upaya Uni Eropa untuk kembali ke desa. Menyeberang ke Porto, guide saya, calon dokter dari Lisbon bercerita tentang mundurnya perekonomian dan lapangan pekerjaan di Portugal. Sambil menarik nafas dalam, ia menyampaikan, kekasihnya harus pindah ke Brazil untuk mendapatkan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com