Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Resmikan Balai Uji Emisi Berstandar Euro 4 di Bekasi

Kompas.com - 03/05/2018, 15:46 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (3/5/2018), meresmikan fasilitas uji emisi sepeda motor dan fasilitas uji emisi mobil penumpang Euro 4 berstandar internasional di Bekasi, Jawa Barat.

Nama fasilitas itu Gedung Utama Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Harapannya teknologi yang ada di fasilitas ini juga dapat ikut mendorong industri otomotif di Indonesia.

"Kalau kita menjadi eksportir maka kualifikasi kendaraan yang diekspor kan punya kualifikasi, mungkin bukan hanya Euro 4 tapi Euro 6. Oleh karenanya kita akan menyesuaikan kecepatan dan kualifikasi itu," kata Budi di lokasi peresmian.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, balai ini akan digunakan untuk mengecek seluruh jenis kendaraan bermotor sebelum dipasarkan ke konsumen.

"Jadi semua APM—agen pemegang merek kendaraan bermotor—yang mengeluarkan produk baru, tipe baru, diuji di sini. Kalau dinyatakan lulus semuanya baru produksi yang besar, bisa untuk ekspor, bisa untuk dalam negeri," kata Budi Setyadi.

Selain pengujian emisi, balai ini juga bisa melakukan pengujian konstruksi kendaraan, dimensi, lampu utama, kincup roda depan, radius putar, berat kosong kendaraan, rem utama serat rem parkir, spedometer, dan pengujian bunyi klakson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com