Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BRI Minta BI Tahan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 03/05/2018, 18:31 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Suprajarto berharap Bank Indonesia (BI) tidak menaikkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate.

Suprajarto bahkan meminta BI menahan suku bunga acuan yang ada saat ini kendati Bank Sentral AS The Federal Reserve telah menaikkan suku bunga acuannya.

"Ya kalau Fed sudah naik ya dan kalau BI enggak naik mungkin juga agak sedikit berpengaruh. Tetapi, buat saya itu lebih baik enggak naik," jelas Suprajarto di Gedung BRI I Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Dengan begitu, lanjut Suprajarto, BI setidaknya bisa memberikan sinyal kepercayan ke publik bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih baik.

"Jadi ya menurut saya lebih baik ditahan seperti sekarang," imbuh dia.

Baca juga: Suku Bunga Acuan, Obat Mujarab untuk Rupiah?

Pada April 2018, Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI menetapkan mempertahankan BI 7-Days Reverse Repo Rate pada angka 4,25 persen dengan suku bunga penyimpanan dana di BI atau Deposit Facility Rate tetap sebesar 3,5 persen dan suku bunga penyediaan dana dari BI (Lending Facility Rate) tetap 5 persen.

"Kebijakan tersebut konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan di tengah meningkatnya tekanan eksternal," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Dody mengungkapkan, pelonggaran kebijakan moneter yang sebelumnya telah diambil bank sentral dipandamng masih masih memadai untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi domestik. Kebijakan tersebut didukung kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran.

"BI akan fokus menjaga stabilitas perekonomian sebagai landasan utama terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," terang Dody. Ke depan, bank sentral terus mewaspadai sejumlah peningkatan ketidakpastian pasar keuangan dunia. Bank sentral juga mewaspadai kenaikan harga minyak dan berlanjutnya perang dagang AS-China.

Baca juga: BI Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 4,25 Persen

Sementara itu, Bank sentral AS Federal Reserve dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) memutuskan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate sebesar 25 basis poin menjadi kisaran 1,5 persen hingga 1,75 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com