Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target 2018, BRI Terbitkan 15 Juta Kartu Debit Pakai Cip

Kompas.com - 04/05/2018, 16:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menargetkan migrasi kartu debit magnetic stripe ke teknologi cip sebanyak 30 persen dari total 50 juta kartu debit yang saat ini aktif. Target tersebut diharapkan bisa dicapai pada akhir 2018.

"(Target) 30 persen sampai akhir tahun ini, jadi ya kira-kira sekitar 15 juta kartu," ucap Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo, di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Namun,kata Indra, tidak tertutup kemungkinan juga BRI mempercepat realisasi migrasi kartu debit tersebut.

Baca juga: Nasabah Terlampau Banyak, Baru 5 Persen Kartu Debit BRI Pakai Cip

Adapun proses migrasi dilakukan BRI secara bertahap. Sampai saat ini, disebut baru ada lima persen atau 2,5 juta kartu debit dengan teknologi cip yang diterbitkan BRI.

Masih kecilnya persentase itu dijelaskan Indra terjadi lantaran banyaknya jumlah nasabah BRI dan juga keterbatasan lembaga yang ada untuk mencetak kartu debit berteknologi chip tersebut.

"Sekarang ini kan hampir seluruh bank melakukan pemesanan kartu debit itu, tetapi pihak pembuat chip tidak bisa menaikkan kapasitas produksi sehingga dibutuhkan tahapan untuk proses migrasi," ungkap Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com