Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Barat Segera Punya PLTA Berkapasitas 60-80 MW

Kompas.com - 04/05/2018, 16:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—PT Meurebo Energi Indonesia terpilih menjadi investor dan perusahaan yang bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

Perjanjian kerja sama antara PT Meurebo Energi Indonesia dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat untuk membangun PLTA tersebut dituangkan dalam MoU yang ditandatangani Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan Direktur PT Meureubo Energi Indonesia Abdul Djalil pada Rabu (2/5/2018).

"PT Meurebo Energi Indonesia terpilih menjadi investor dan perusahaan yang akan membangun PLTA dengan kapasitas 60-80 Megawatt di Kabupaten Aceh Barat," kata Abdul dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/5/2018).

Baca juga: PLTA Cisokan Diwajibkan Rekrut 2.000 Tenaga Kerja Lokal

Adapun penandatanganan MoU tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan kedua belah pihak di Bali pada awal 2018. Proses pembangunan PLTA dijadwalkan dimulai pada tahun ini. Lokasi proyek ini tepatnya di Kecamatan Woyla.

Dalam kesepakatan yang ditandatangani, Pemkab Aceh Barat meminta perusahaan mempekerjakan masyarakat lokal dengan komposisi 70 persen, baru selebihnya menggunakan tenaga dari luar daerah.

Selain tenaga kerja, Ramli juga meminta PT Meurebo Energi Indonesia membangun sekolah serta memberikan beasiswa kepada putra-putri Aceh Barat yang berprestasi. Harapannya, anak-anak itu nantinya bisa bekerja di perusahaan yang akan mendistribusikan aliran listrik tersebut.

"Ini agar pembangunan berdampak luas bagi masyarakat Aceh Barat, khususnya di bidang pendidikan dan ketenagakerjaan," ujar Ramli.

Baca juga: Musi Rawas Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas 9,9 MW

Terkait hal tersebut, Abdul pun berjanji akan memenuhi permintaan dari Pemkab Aceh Barat. Menurut dia, pembangunan sekolah dan penyerapan 70 persen tenaga kerja lokal adalah wujud komitmen perusahaan untuk selalu memberi dampak positif bagi masyarakat setempat.

"Kami berharap kedekatan psikologis dan sinergi dengan masyarakat setempat akan semakin memperkuat pondasi pembangunan, sehingga akhirnya bisa bermanfaat besar buat masyarakat dan juga perusahaan," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com