Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei BI: April 2018, Optimisme Konsumen Indonesia Masih Tinggi

Kompas.com - 04/05/2018, 20:01 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan optimisme konsumen yang menguat pada April 2018 dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2018 meningkat 0,6 poin dibandingkan pada Maret 2018 ke posisi 122,2.

Menurut survei tersebut, peningkatan optimisme disebabkan oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia ke depan dan terjaganya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada saat ini.

"Kenaikan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan yang akan datang," ujar laporan survei yang dilansir Departemen Komunikasi BI pada Jumat (4/5/2018).

Dok BI Indeks Keyakinan Konsumen April 2018

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat stabil. Hal ini didukung dengan membaiknya penghasilan konsumen saat ini dan tetap kuatnya pembelian barang tahan lama.

Hasil survei juga memproyeksikan penurunan tekanan harga pada tiga bulan mendatang (Juli 2018). Hal ini tergambar dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 183,6, yang turun dibandingkan proyeksi bulan lalu di level 184,4.

"Ekspektasi menurunnya tekanan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa pasca Idul Fitri," tulis hasil survei itu.

Hanya pada masalah ketersediaan lapangan kerja, ekspektasi konsumen terlihat konsisten tergerus, baik pada periode saat ini maupun pada enam bulan ke depan, sebagaimana terlihat pada tabel di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com