Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: 71 Persen CFO Yakin Ekonomi AS Tetap Kuat hingga 3 Tahun ke Depan

Kompas.com - 07/05/2018, 09:11 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Zurich Insurace Group , EY, dan Atlantic Council, 71 persen dari 497 CFO (Chief Financial Officer) global memandang kondisi perekonomian Amerika akan terus menguat hingga 3 tahun mendatang.

Sementara itu, 61 persen dari 497 CFO tersebut bahkan memiliki kepercayaan tinggi untuk berinvestasi di Amerika Serikat, melihat iklim bisnis yang akan terus menuai sentimen positif.

Survei ini dilakukan di luar meningkatnya kebijakan proteksionisme dan renegosiasi kebijakan perdagangan yang dilakukan oleh Pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Hasil survei "Borders vs Barriers: Navigating Uncertainty in the US Business Environmnet,"  menunjukkan, kondisi ekonomi global yang cenderung membaik, reformasi kebijakan pajak domestik, dan deregulasi menjadi faktor utama yang berkontribusi terhadap kuatnya sentimen positif.

Baca juga: Melambat, Pertumbuhan Ekonomi AS 2,3 Persen pada Kuartal I 2018

Responden dalam penelitian ini terdiri dari berbagai macam jenis industri baik perusahaan asing maupun domestik AS. Setengah dari responden memiliki investasi di AS.

"Mayoritas (68 persen) CFO mengatakan reformasi pajak AS akan memberikan dampak positif pada garis batas bawah (perekonomian AS)," sebut penelitian tersebut, dikutip melalui CNBC.

Sekitar setengah dari perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari reformasi pajak mengatakan akan menggunakan keuntungan tersebut untuk melakukan reinvestasi.

Sementera hampir dua per tiga dari perusahaan tersebut, yang memiliki pekerja asal AS, berencana untuk menambah jumlah tenaga kerja dalam waktu enam bulan ke depan.

Proteksionisme

Investor AS tetap memiliki perhatian terhadap kebijakan Trump yang akan memberikan dampak kepada prospek bisnis mereka, terutama kebijakan yang mengatur jumlah bahan baku, modal, dan tenaga kerja.

Kebijakan Trump yang mengarah kepada perang dagang dan imigrasi menjadi salah satu kekhawatiran mereka.

68 persen dari CFO memandang proteksionisme Amerika akan tumbuh dalam dua hingga 3 tahun yang akan datang.

"46 persen mengindikasikan pertumbuhan ini akan berdampak buruk terhadap investasi," ujar penelitian tersebut.

63 persen responden juga memprediksi akan terjadi pengawasan yang lebih ketat terhadap merger dan akuisisi lintas negara, 68 persen memandang akan ada kebijakan imigrasi yang lebih ketat, yang akan memberikan dampak negatif terhadap iklim investasi Amerika.

Berdasarkan perhitungan model ekonomi yang dilakukan oleh Zurich, dalam 5 tahun ke depan, proteksionisme akan menyumbang 30 persen terhadap anjloknya perdagangan AS, dan potensi kerugian hingga 2 triliun dollar AS dalam PDB negara adidaya itu.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com