Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Peluang yang Bisa Digarap Industri Finansial Teknologi

Kompas.com - 11/05/2018, 21:13 WIB
Josephus Primus

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bidang pengelolaan tenaga kerja menjadi peluang yang bisa digarap perusahaan finansial teknologi di masa mendatang.

Menurut catatan dalam rilis SIM Group hari ini, aspek pengelolaan tersebut mencakup dua hal penting yakni rekrutmen sumber daya manusia (SDM) serta hubungan industrial.

"Hubungan industrial terkait pengelolaan kontrak kerja karyawan, penyimpanan kontrak kerja, regulasi pemerintah, dan sebagainya," kata Mira Sonia, Direktur Pemasaran SIM Group.

Selanjutnya, industri finansial teknologi yang seluruhnya berbasis digital juga bisa menangkap peluang pada bisnis pinjaman keuangan. "Yang bisa dikelola misalnya bidang penagihan," imbuh Anta Ginting, Direktur SIM Group.

Catatan SIM Group juga menunjukkan bahwa cakupan aplikasi industri finansial teknologi sedikitnya merebak ke industri e-services, e-travel, dan digital media.

Terkini, industri finansial teknologi harus merangkul teknologi blockchain. Teknologi yang acap digunakan pada cryptocurrency atau teknologi membuat mata uang digital merupakan bagian dari transformasi digital yang akan mendisrupsi proses transaksi dan metode akuntansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com