Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Gejolak Pasar, Pemerintah Dorong Investasi dan Ekspor

Kompas.com - 12/05/2018, 16:28 WIB
Mutia Fauzia,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menghadapi gejolak pasar global belakangan ini, pemerintah akan lebih fokus pada kebijakan-kebijakan ekonomi yang mendorong investasi dan ekspor.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu instrumen yang digunakan adalah kebijakan fiskal melalui insentif perpajakan.

"Termasuk dalam hal ini menggunakan perpajakan untuk investor dan ekspor seperti tax holiday, tax allowance. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diberikan insentif pembebasan bea masuk, tidak dipungut PPN, dan pembebasan cukai. Kami terus rumuskan kebijakan ini, sehingga ekonomi Indonesia bisa dipacu dengan mesin pertumbuhan yang merata," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Direktorat Jenderal Pajak, Jumat (11/5/2018). 

Baca juga: Sri Mulyani Optimistis meski APBN 2018 Defisit Rp 55,1 Trililun

Selain itu, pemerintah juga melihat pasar utang untuk mengantisipasi ketidakpastian.

“Pemerintah terus mempersiapkan alternatif sumber pembiayaan utang,” ujar Sri Mulyani.

Penerbitan SBN, misalnya, menurut dia bisa dilakukan melalui private placement, tidak hanya melalui pasar. Sumber pinjaman juga dijajaki, termasuk dari program development partner, baik bilateral atau multilateral yang menurut dia memiliki potensi dana 1,3 miliar dollar AS dan 850 juta euro.

Potensi sumber pendanaan dari penerbitan bond juga dijajaki. Dia menyebutkan contoh potensi dari samurai bond senilai 150 miliar yen.

“Pemerintah juga telah menyiagakan bonds stabilitation framework untuk menjaga pembiayaan secara stabil dan sustainable,” ujar Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com