Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Scania Pamer "Dapur" dan Produknya kepada Konsumen Indonesia

Kompas.com - 14/05/2018, 08:31 WIB
Egidius Patnistik,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SODERTALJE, KOMPAS.com - Scania AB, salah satu perusahaan pembuat truk dan bus terkemuka dunia, mengundang secara terbatas pelanggannya dari Indonesia ke salah satu pabrik sekaligus tempat kelahiran perusahaan itu di Sodertalje, di luar Ibu Kota Swedia, Stockholm, 26 April lalu.

Kepada para pelanggan itu, yang umumnya perusahan kontraktor tambang, Scania memperkenalkan sejumlah produk terbaru dan memperlihatkan bagaimana truk dan bus dibuat.

Produk yang diperkenalkan antara lain truk seri R 580 XT 6X4 dan R 500 XT.

Para tamu undangan itu mendapat penjelasan langsung dari petinggi Scania tentang speksifikasi truk, kutur kerja, dan nilai-nilai yang anut perusahaan dalam mengembangkan produk.

Baca juga: CEO Scania Temui Ahok Khusus untuk Tawari Bus

Mereka juga diajak untuk melihat bagaimana truk dirakit dan seperti apa suasana kerja pabrik perakitan, serta diberi kesempatan mencoba truk dan bus di lintasan khusus milik Scania yang panjangnya 3 kilometer.

Pilihan truk yang bisa dicoba sangat beragam, tidak hanya dua seri yang disebutkan di atas tadi. Bahkan ada pula bus hibrid ramah lingkungan dengan model low entry yang cocok untuk transportasi publik di dalam kota.

Truk-truk tersebut merupakan bagian dari generasi baru yang disebut Scania XT. Produk-produk Scania XT sudah mulai dikembangkan tahun 2016-2017.

Hal mendasar dari Scania XT antara lain bumper yang sangat kuat yang menonjol 150 milimeter di bagian depan kabin. Hal itu membuat truk punya penampilan yang khas yang menandakan kekuatan dan kekokohan.

Selain itu, pelanggan Scania XT dapat memilih paket interior dan eksterior lokal yang berbeda, yang berkontribusi meningkatkan produktivitas dan memperkuat kesan kendaraan.

Perusahaan yang memiliki sejarah 127 tahun sebagai pembuat truk, bus, serta mesin disel itu, menjanjikan kendaraan berkualitas tinggi yang aman dan nyaman dengan teknologi terkini serta berusaha untuk lebih ramah lingkungan.

Senior Vice President Parts and Service Marketing Scania, Lars Karsson, mengatakan kepada para tamu dari Indonesia itu bahwa truk-truk baru tersebut sangat cocok untuk aktivitas di area pertambangan atau pun untuk pengangkutan kargo.

Dia mengatakan, kapasitas angkut truk yang besar akan menolong para pengguna dapat bekerja efisien dan efektif sehingga mendapat keuntungan yang maksimal.

Direktur Marketing PT United Tractors Tbk, Loudy Irwanto Ellias, pada kesempatan yang sama juga menegaskan, Scania R 580 XT 6X4 cocok untuk aktivitas tambang karena kapasitas angkutnya yang besar, bisa mencapai 40 ton.

United Tractors sendiri merupakan merupakan distirbutor tunggal Scania di Indonesia.

Walau telah diperkenalkan secara terbatas kepada para pelanggan dari Indonesia, Scania R 580 XT baru akan diluncurkan secara resmi di Tanah Air pada akhir Juni mendatang.

Khusus untuk truk seri R 500 XT, kata Loudy, pemesan dari Indonesia ada yang menjadikanya sebagai kendaraan pemadam kebakaran. Di pasar Eropa, truk yang sama digunakan untuk pengakutan kargo.

Halaman selanjutnya Seperti Lego

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com