Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sektor Tambang, Indonesia bak "Gadis Cantik" bagi Investor

Kompas.com - 15/05/2018, 14:02 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
—Indonesia memiliki kekayaan mineral yang terbilang besar dibanding negara-negara lain di dunia. Emas, misalnya, kontribusi Indonesia sekitar 39 persen cadangan dunia, nomor dua di bawah China.

"Orang akan lihat Indonesia segitu besar potensinya. Di mana negara kita cukup cantik di mata investor, companies," ujar praktisi eksplorasi Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Adi Maryonodi Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Tak hanya emas, lanjut Adi, mineral lain seperti perak, tembaga, nikel, dan batu bara pun melimpah di Indonesia. Volume hasil tambang itu pun dia sebut selalu masuk 10 besar dunia.

"Bisa dibilang ini kenapa Indonesia selalu terlihat kayak putri cantik yang siap dinikahi. Karena begitu kaya kita," kata Adi.

Baca juga: IBCSD Berikan Panduan Konservasi Ekosistem untuk Perusahaan Tambang

Adi mengatakan, penemuan tambang mineral baru selalu terjadi setiap tahun. Rasio kesuksesan eksplorasi tambang di Indonesia punn disebut cukup tinggi, yaitu sekitar 8 persen.

Tak hanya skala besar, tambang skala kecil juga kerap muncul dari hasil eksplorasi sebelumnya.

Tantangan

Namun, kata Adi, ada sejumlah tantangan yang membuat investor masih maju-mundur untuk mendekati Indonesia. Salah satu "pekerjaan rumah" yang cukup serius, sebut dia, adalah keberadaan penambang liar.

Baca juga: Tiap Hari 100 Truk Tambang Lintasi Desa Ini, Jalan Rusak hingga 5 KM

"Orang yang punya izin eksplorasi juga kesusahan karena penambang liar. Sekarang mereka (penambang liar) sudah pakai mesin, pakai teknologi, pakai merkuri, sangat kompleks. Tidak peduli itu hutan lindung atau wilayah orang," kata Adi.

Belum lagi soal keamanan lingkungan yang menjadi concern para stakeholder. Padahal, kata Adi, kegjatan eksplorasi itu menjanjikan keuntungan yang bagus untuk masa depan.

"Tanpa eksplorasi, kita tidak tahu potensial kita seberapa besar," kata Adi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com