Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tak Sarankan Pemudik Lewat Tol Fungsional saat Malam Hari

Kompas.com - 16/05/2018, 07:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan tak merekomendasikan para pemudik melintasi tol fungsional saat malam hari. Sebab, di ruas tol tersebut penerangannya masih minim.

"Jadi yang pertama untuk tol fungsional untuk malam hari sebetulnya kita tidak merekomendasikan melewati jalan itu karena memang penerangan masih minim," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Kendati begitu, lanjut Budi, pihaknya akan memasang rambu dan marka jalan di tol fungsional untuk memberikan pelayanan bagi para pemudik.

"Nanti akan ada marka dan rambu semi permanen kemudian ada petunjuk arah dan polri akan mengamankan. Jadi jangan khawatir di tempat sepi karena akan ada anggota polri yang mengamankan," kata Budi.

Budi menyampaikan, Kemenbub bersama Kementerian PUPR akan meninjau langsung kesiapan jalur mudik pada awal Juni 2018. Tinjauan itu untuk melihat sarana dan pra sarana yang dianggap masih kurang.

"Kita ingin nanti ada statement dari PUPR tentang kondisi terkahir karena memang masih dalam finishing. Saya harapkan minggu pertama Juni sudah ada mana yang tol fungsional dan mana yang tidak," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com