Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Pasar Perkantoran, PPI Bangun Pelindo Place

Kompas.com - 18/05/2018, 20:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Pelindo III melalui PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) membidik pasar perkantoran dengan membangun menara perkantoran Pelindo Place di Perak Timur, Surabaya.

"Selain terminal pelabuhan yang dikelola Pelindo III beserta anak usahanya, di kawasan Tanjung Perak terdapat kantor instansi pemerintahan, perbankan, perusahaan asuransi, pelayaran domestik dan internasional, ekspedisi hingga pusat perbelanjaan," sebut Direktur Utama PPI Kokok Susanto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/5/2018).

Tak hanya berfokus pada perusahaan-perusahaan mainstream, PPI juga menyasar kebutuhan ruang kerja bersama atau coworking space.

Menurut Kokok, para pelaku bisnis startup mencari ruang kerja yang bernilai efisien dan representatif.

Baca juga: Pelindo III Setor Dividen Rp 1,8 Triliun ke Pemerintah

"Karena itu, kami juga akan membidik para pemain coworking space agar dapat memanfaatkan ruang perkantoran di Pelindo Place,” imbuh dia. 

Adapun hingga kuartal pertama 2018, tingkat okupansi Pelindo Place mencapai 40 persen yang berasal dari Pelindo III Group.

Terkait hal tersebut, PPI terus gencar melakukan upaya pemasaran sekaligus mempercepat proses pembangunan gedung.

"Hingga saat ini, sejumlah gedung-gedung eksisting telah diratakan dan peralatan pancang mulai dipasang untuk proses pengujian (pile test). Rencananya, pile test dilaksanakan pada akhir Mei ini,” sambung Kokok.

Pelindo Place senilai Rp 497 miliar ini nantinya akan memiliki 23 lantai dengan luas bangunan 63.365 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 11.124 meter persegi.

Gedung tersebut bakal berkonsep smart dan eco-green dan memiliki fasilitas keamanan 24 jam, CCTV dan sejumlah pos keamanan. Kokok juga mengklaim, aksesibilitas dalam gedung juga dapat dioperasikan melalui smartphone. 

"Keberadaan Pelindo Place ini juga diharap mampu menciptakan iklim bisnis yang semakin bergairah dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," tandas Kokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com