Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu AS: Perang Dagang Ditangguhkan

Kompas.com - 21/05/2018, 08:03 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Reuters

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin mengatakan, perang dagang AS dan China ditangguhkan, seiring dengan hasil negosiasi yang memunculkan tanda-tanda kesepakatan di antara kedua negara.

"Kami memutuskan untuk menunda perang dagang ini. Saat ini, kami telah sepakat untuk menangguhkan tarif, sementara kerangka kerja (negosiasi dagang) juga sedang kami bentuk," ujar Mnuchin dikutip melalui Reuters.

Mnuchin dan Penasehat Ekonomi Presiden Trump Larry Kundlow mengatakan, negosiasi tersebut bertujuan untuk menyesuaikan ketidakseimbangan neraca perdagangan di antara AS dan China.

Hasil negosiasi yang diumumkan pada Sabtu (19/5/2018) menunjukkan, China akan mengimpor komoditas hasil energi dan agrikultur dari AS untuk menyeimbangkan defisit perdagangan senilai 335 miliar dollar AS.

Baca juga: Trump Bantu ZTE, China Jajaki Cabut Tarif Produk AS

Mnuchin mengatakan, AS mengekspektasikan peningkatan dari 35 hingga 40 persen untuk ekspor komoditas agrikultur ke China, dan penigkatan permintaan terhadap komoditas hasil energi hingga dua kali lipat dalam 3 hingga 5 tahun ke depan.

Namun, dalam rilis tersebut tidak disebutkan penangguhan atau pencabutan sanksi terhadap produsen peralatan telekomunikasi China ZTE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com