Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Menanti Gebrakan Perry Warjiyo Kuatkan Rupiah

Kompas.com - 24/05/2018, 13:37 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap Perry Warjiyo yang baru dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia segera melakukan langkah-langkah menguatkan rupiah.

BI, kata dia, harus segera mengatasi gejolak nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang kini mencapai Rp 14.200.

"Kita berharap Gubernur yang baru bisa lebih memberikan kontribusi pada stabilitas ekonomi nasional dan sistem keuangan. Kita tunggu gebrakan yang akan dilakukan," ujar Sri di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Menkeu mengatakan, kondisi saat ini perlu ada kebijakan di sektor moneter. Ia menekankan, sistem keuangan harus terjaga sehingga diharapkan gebrakan Perry membawa dampak positif.

"Dengan normalisasi kebijakan suku bunga di AS, ini yang harus kita minimalkan dampak negatifnya pada volatilitas di sektor keuangan dan ekonomi Indonesia," kata Sri.

Sri menganggap Perry sebagai sosok hanh kredibel dan tipikal pemimpin yang mampu menenangkan pasar. Ia siap bekerja sama sepenuhnya dengan Perry dan jajaran BI dalam rangka merespon kondisi saat ini.

"Kita sekarang lihat suasana, harus fokus stabilitas sehingga tidak kemudian menimbulkan situasi yang tidak sustainable," kata Sri.

"Jadi fokus bersama-sama BI adalah menciptakan stabilitas dalam menjaga keberlangsungan," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com