Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Jember Siapkan Rp 7,2 Triliun untuk Penukaran Uang

Kompas.com - 24/05/2018, 18:14 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri, Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyiapkan uang baru sebanyak Rp 7,2 triliun.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan yakni 61 persen dibandingkan tahun lalu, yang mencapai Rp 4,8 triliun.

Kepala KPW BI Jember Hestu Wibowo  mengatakan, sesuai wilayah kerja BI Jember, uang baru tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lima kabupaten, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang.

“Kenaikan alokasi tersebut karena panjangnya hari libur dan cuti bersama selama lebaran tahun 2018. Oleh karena itulah kami menambah stok persediaan penukaran uang pecahan,” ucapnya, Kamis (25/5/2018).

Baca juga: Orang Indonesia Paling Percaya Diri Seharian Tanpa Uang Tunai

Untuk penukaran uang pecahan tersebut, BI Jember menggandeng perbankan umum. “Total ada 97 titik kantor cabang bank yang akan melayani penukaran uang pecahan tersebut,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Hestu, untuk memudahkan proses penukaran bagi masyarakat yang berada di wilayah desa, BI Jember juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, saat event pasar murah.

“Kita juga ikut dalam event pasar murah yang diselenggarakan Pemkab Jember di sejumlah titik. Jadi masyarakat bisa menukar uang disana,” katanya.

Hestu juga menghimbau kepada masyarakat, jika memang ingin menukarkan uang pecahan, lebih baik di tempat resmi yang telah ditentukan. “Tetap berhati- hati dan lebih teliti dalam proses transaksi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com