Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Bank Mandiri Siagakan Uang Tunai Rp 57,26 Triliun

Kompas.com - 24/05/2018, 20:10 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan dana tunai dengan total Rp 57,26 triliun untuk 15 hari sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Nominal dana yang disiapkan itu setara dengan Rp 1,9 triliun per hari.

"Ini diberlakukan selama 15 hari dari tanggal 22 Mei sampai 20 Juni 2018. Alokasi dana tunai tersebut meningkat sekitar 90 persen dari jumlah yang disiapkan secara harian dalam kondisi normal," kata Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi kepada pewarta saat buka puasa bersama di Plaza Mandiri, Kamis (24/5/2018).

Hery menjelaskan, salah satu perhitungan alokasi dana tunai itu turut memerhitungkan kebutuhan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang diperkirakan cair pada akhir Mei dan awal Juni 2018.

Keputusan pemerintah tentang masa cuti bersama juga jadi pertimbangan besaran dana tunai yang disiapkan Bank Mandiri.

Baca juga: Orang Indonesia Paling Percaya Diri Seharian Tanpa Uang Tunai

Selain itu, khusus untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Bank Mandiri akan menyiagakan ketersediaan uang tunai yang ditingkatkan jadi Rp 1 triliun per hari dan Rp 900 miliar per hari untuk antisipasi kebutuhan dana selama masa cuti bersama.

Dari total nilai untuk mesin ATM, 40 persen di antaranya didistribusikan di kawasan Jabodetabek dan 60 persen untuk kota besar di luar Jabodetabek.

"Kami pastikan untuk menyiapkan jaringan IT secara optimal guna mendukung kelancaran operasional channel pembayaran elektronik seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Mobile, Mandiri Online, dan Mandiri Call 14000," tutur Hery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com